"Selamat Datang" sobat, di blog saya "Marketing lampung",semoga blog ini memberikan manfaat bagi sobat sekalian,saya sangat senang kalau kita bisa saling mengenal,oleh karena itu silakan sobat untuk berkomentar dengan baik,Blog ini dofollow,tinggalkan Jejak anda /alamat blog anda,agar saya bisa segera berkunjung balik.terimaksih sukses selalu.

Sunday, December 9, 2012

Tipe Seperti apakah anda dalam Berbisnis?

Tipe Seperti apakah anda dalam Berbisnis?

Ketika keinginan untuk memulai suatu usaha muncul,seringkali di barengi dengan seribu pertanyaan yang hinggap di benak seseorang.
Saya tidak memiliki ide usaha.
Saya tidak dapat menciptakan,atau tidak mempunyai produk yang akan dijual.
Saya tidak mengerti bagaimana  cara saya akan memulainya?
saya tidak memiliki modal yang cukup,Saya tidak memiliki kemampuan menjual,saya tidak mengerti bagaimana management membuka usaha,saya tidak mengerti bagaimana proses awalnya.
Saya sudah cukup lama mengumpulkan uang dari bekerja sebagai karyawan,saya ingin memulai suatu usaha,tapi bingung bagaimana,dan memulai dari mana?
Saya sudah memulai usaha,saya berguru dari orang yang saya kagumi,tetapi kenapa,saya tidak sukses seperti dia?
Saya sudah memiliki produk,saya sudah merintis usaha tapi kenapa sepertinya jalan ditempat?. Bagaimana caranya agar akselerasi bisnis saya bisa lebih cepat maju?
Poin penting dari sejumlah pertanyaan di atas adalah: Cari tau,temukan karakter pribadi anda sebelum anda memutuskan untuk memulai suatu usaha/bisnis.
Begitu banyak orang yang yang sudah memulai suatu usaha,tetapi kesuksesan belum juga menghinggapinya.
Kalaupun kesuksesan dapat di gapai,ini memerlukan waktu yang cukup lama,bahkan ada juga kesuksesan yang hanya mampir sebentar,lantas pergi meninggalkannya.
Mengapa hal seperti itu bisa terjadi? Salah satu penyebabnya adalah bisnis yang ditekuni melenceng dari karakter pribadinya.

Tidak sedikit orang yang sering mencontoh kiat-kiat sukses berbisnis yang dilakukan oleh para pebisnis andal.Barangkali kitapun pernah melakukannya,namun yang perlu anda pahami adalah : Kiat-kiat tersebut bukanlah "kitab suci",yang harus kita patuhi ajarannya.
Sah-sah saja bila kita mencomot kiat dari pebisnis A,lalu kita gabungkan dengan pebisnis B,C,D dan seterusnya.
Hal yang keliru sering dilakukan oleh para pebisnis pemula adalah,mereka sering mencontek habis kiat-kiat tersebut tanpa memfilternya,dan mengadaptasikannya agar sesuai dengan usaha dan karakter dirinya.

Wahyu Saidi,pemilik waralaba Bakmi Langgara,mempunyai teori menarik yang banyak dilakukan oleh para praktisi bisnis.Wahyu menyebutnya dengan ATM (Amati  Tiru  Modifikasi).Teori ini cukup efektif  untuk menekan angka persentase  kegagalan dini saat pertama kali memulai bisnis.Baik saat pertama kali memulai usaha maupun saat mencontoh kiat-kiat dari para pebisnis andal.

Sesuaikan minat dan bakat yang anda miliki dengan bisnis atau usaha/pekerjaan yang akan anda tekuni,karena sifat-sifat alami yang terpendam dalam diri anda akan menjadi kekuatan Super Dasyat untuk menjalankan bisnis anda.
Cara untuk mencuatkan/memunculkan  kekuatan itu adalah dengan cara KENALI DIRI ANDA.

Dalam bukunyayang berjudul Your Life Your Legacy:Enterpreneur Guide to Finding Your Flow, Roger Halminton telah membagi berbagai tipe karakter yang dapat membawanya menuju kepada kesuksesan lebih cepat.

                                                       Berikut Diagramnya

MECHANIC

Sam Walton (Pendiri Wal Matt) dan Jeff Bezos (Pendiri Amazone.com),adalah contoh yang bertipe mechanic.
Mechanic atau mesin adalah tipe antara Lord dan Creator.Kekuatan orang tipe ini adalah mampu berfikir secara sistematis,sensitif terhadap kinerja sistem,memiliki kemampuan memperbaiki,memiliki rasa ingin tahu yang tinggi,dan suka mencoba.Namun jika strateginya tidak jelas mereka akan kehilangan fokus dan berubah haluan.Mereka mampu menerjemahkan ide Creator menjadi sistem yang running well dan esthablished.

CREATOR

Creator adalah pencipta.Pencipta ide cemerlang untuk dijadikan bisnis,atau sesuatu yang belum ada menjadi ada.Sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin.Bahkan sesuatu yang sama sekali tidak terbayangkan,hingga bisa dilihat oleh mata.
Siapa yang pernah berfikir bahwa makanan khas turki bisa laku di Indonesia.
Bukti bahwa Kebab  turki bisa laku di Indonesia adalah karena pencetusnya dan idenya Hendry Setiono,ia bisa berfikir dan menciptakannya.

Sebenarnya setiap orang adalah pencipta.Tetapi yang lebih penting adalah sebesar apa orang tersebut yakin terhadap ciptaannya itu.
Seorang Creator memiliki sifat-sifat umum,mereka berfikir dinamis,intuitif,inovatif,dan melompat-lompat (tidak linier),hasilnya adalah produk-produk baru atau sistem baru yang unik.
Kelemahan mereka adalah kurang fokus bila banyak proyek,dan mereka tidak senang dengan hal-hal yang  detil.
Di Indonesia yang Creator adalah: Dahlan Iskan (Jawa pos Group),Irwan Hidayat (Sido Muncul),dan  Purdi E. Chandra (Primagama dan Entrepreneur University),bisa digolongkan dalam tipe ini.
Orang luar yang bertipe Creator adalah Steve Jobs (Pimpinan Apple Coumputer .Inc), Bill Gates (Pemilik dan Pimpinan Microsoft),Walt Disney (Pendiri Walt Disney Productions),dan Steven Spielberg (Sutradara ternama Hollywood).

STAR

Star adalah orang terkenal.Mereka berada di antara tipe creator dan supporter.Memiliki kepribadian yang menarik,mudah memukau orang lain,energinya dasyat,semangatnya juga top,dan merasa nyaman sebagai publik figure.
Mereka dapat memanfaatkan ketenarannya untuk mencapai tujuan.
Seorang aktor akan mudah dipercaya oleh orang awam jika ia membuka sebuah agency.
Seorang motivator ulung akan mudah menghasilkan keuntungan dengan cara membuat sebuah seminar dengan biaya tertentu.
Seorang olah ragawan profesional akan lebih dipercaya menjadi seorang pelatih dari pada orang biasa.
Jika mereka memanfaatkan ketenaran mereka untuk bisnis kemungkinan bisnis mereka akan besar dan menghasilkan uang.
Contoh orang tipe ini adalah:
Bono Vocalis U2,Elton Jhon (penyanyi),Michael Jordan (Pemain Basket NBA),David Beckham (Pemain Bola),Tung Desem Waringin (Motivator terkenal Indonesia).

SUPPORTER

Orang seperti ini tidak perlu menciptakan sebuah produk baru,atau memiliki suatu keahlian,atau keterampilan  yang sangat  luar biasa,seperti orang Creator.
Mereka dapat mendukung sebuah usaha yang telah diciptakan oleh seorang creator,untuk menjadikannya sebuah usaha baru yang juga menguntungkan bagi dirinya sendiri,dan memberikan imbal hasil bagi seorang Creator.
Orang-orang supporter memiliki ciri Leader Ship yang tinggi,memberi inspirasi bagi banyak orang,memiliki jaringan yang luas,mampu membangun tim yang kuat,dan mampu membangun hubungan interpersonal yang tinggi.
Beberapa pembeli franchise adalah termasuk tipe orang seperti ini.
Contoh orang tipe supporter:Jack Welch (CEO General Electric),Steve Case (CEO American Online),TP Rachmat (Astra Group Indonesia).

DEAL MAKER

Deal maker adalah Juru Runding,atau dalam bahasa kerennya adalah Broker/Makelar.
Seorang yang punya kemapuan dalam bidang ini tidak butuh produk ataupun sistem,Yang ia miliki adalah kemampuan menjadi penghubung yang baik,dan bisa diterima oleh pemilik bisnis.
 Deal maker  adalah starting point yang paling mudah,karena tidak diperlukan modal yang banyak dan sistem yang rumit,Yang penting adalah bisa ngomong dan bisa dipercaya sehingga mendapatkan sebuah kesepakatan.

Termasuk dalam tipe ini adalah orang-orang yang mampu berkomunikasi dengan sangat baik,memiliki kemampuan negosiasi yang baik,dan pembujuk yang andal.
Contohnya adalah:Donald Trump (CEO Trump Corporate,pengembang real estate kelas dunia,dan pemilik sejumlah Kasino papan atas),Rupert Murdoch (Pemilik News Corporation,seperti FOX,BSkyB,dan Harper Collins).
Mereka merupakan profil antara Supporter dan Trader,sehingga memiliki kepekaan terhadap timing yang tepat,sambil tetap berorientasi kepada orang.

TRADER

Tipe trader adalah orang yang ahli berdagang.
Contohnhya: George Soros,Ciri tipe trader adalah bisa membeli murah dan menjual dengan harga tinggi.
Ulet,pintar membaca situasi dan memiliki intuisi yang kuat.
Kelemahan tipe orang trader adalah kurang kreatif (tidak seperti tipe Creator),dan sulit memperbaiki keadaan jika sudah mengikuti sistem yang salah.

ACCUMULATOR

Tipe orang Accumulator akan mendapatkan kesuksesannya dengan cara berinvestasi,tanpa terlibat dalam bisnisnya.
Warren Buffett (Investor,pengusaha,dan orang terkaya kedua di dunia),adalah ciri investor yang membeli perusahaan dan dikembangkan kembali.
Semboyan orang tipe accumulator adalah Beli dan Tahan.Ciri yang menonjol dari tipe ini adalah perencana yang hebat,dan sangat konsisten dengan apa yang telah direncanakannya.
Tipe Accumulator (pengumpul) ini berada di antara tipe Trader dan Lord.
Orang tipe seperti ini biasanya sistematis dan sabar.Selain Warren Buffett,tokoh terkenal bertipe Accumulator adalah Robert T. Kiyosaki,penulis buku laris :Rich Dad Poor Dad.
Dalam buku-bukunya itu ia selalu menunjukan cara mengakumulasikan hartanya dengan membeli  properti terbaik,atau membeli saham unggulan,untuk mendapatkan keuntungan.

LORD

Yang terakhir adalah tipe Lord.
Ciri tipe seperti ini adalah,mereka dapat bekerja terus dengan tenang,terkendali,bijaksana,dan terstruktur.
Kelemahan orang tipe seperti ini adalah agak sulit menerima perubahan dari pihak manapun,dan selalu dilema dalam mengambil keputusan.
Orang tipe Lord,dapat memulai perjalanan bisnisnya,dengan menjadi seorang profesional,yang ahli dibidangnya,dan bekerja dalam suatu bisnis tertentu yang sesuai dengan keahliannya.Oleh karena keahliannya tersebut sehingga mereka mendapatkan saham,dan menjadikannya lebih dari seorang profesional.
Contoh orang tipe Lord adalah:John D. Rockefeller (Industriawan terkaya yang memberikan pengaruh terbesar hingga kini,dan Donatur terbesar Markas PBB),Andrew Carnigie (Pendiri Pittsburgh Carnigie Company dan Industrialis Skotlandia-Amerika),Laksmi Mittal (Milliarder Industrialis india,dan pimpinan Mittal Steel Company),dan Hilmi Panigoro (Pemegang Saham PT Medco Energi).

Sebelum memulai sebuah bisnis/Usaha,tentu jauh lebih baik anda mengenali terlebih dahulu tipe seperti apakah anda.Ada di kwadran manakah anda.....???


Tipe pebisnis,tipe pengusaha,karakter usaha,karakter orang,karakter orang,saham,investasi,pekerja,marketing,agency,wiraswasta,bisnis,
usaha,karyawan,pebisnis,pengusaha,perbankan,Kekuatan pikiran,asuransi,asuransi umum,asuransi jiwa,dasyat berbisnis.






































No comments:

Post a Comment