"Selamat Datang" sobat, di blog saya "Marketing lampung",semoga blog ini memberikan manfaat bagi sobat sekalian,saya sangat senang kalau kita bisa saling mengenal,oleh karena itu silakan sobat untuk berkomentar dengan baik,Blog ini dofollow,tinggalkan Jejak anda /alamat blog anda,agar saya bisa segera berkunjung balik.terimaksih sukses selalu.

Saturday, August 25, 2012

Tips Pendekatan dalam menjual Asuransi Jiwa

     Tips Pendekatan dalam menjual Asuransi Jiwa: Asuransi jiwa....Sebagian orang barangkali masih alergi begitu mendengar kata asuransi...apalagi ditambah kata jiwa di belakang..(Asuransi Jiwa)..Mereka langsung berfikiran bahwa asuransi itu adalah...sesuatu yang mengerikan,meninggal dan dibayar.Atau barangkali mereka berfikir bahwa uangnya akan hilang...atau tidak dibayar,dan sebagainya..Hal ini adalah wajar...dan dapat kita maklumi sebagai agen asuransi yang profesional...
Banyak hal yang menyebabkan para calon prospek berfikiran demikian,boleh jadi karena mereka belum dekat dengan anda,bisa juga mereka pernah kecewa oleh oknum agen yang terdahulu,atau pernah di terlantarkan oleh agen asuransi, di paksa ketika presentasi untuk membeli asuransi,atau bahkan mereka belum mendapatkan informasi yang jelas dan benar tentang asuransi jiwa...Nah hal-hal seperti inilah yang menjadi tantangan tersendiri bagi para agent asuransi jiwa.Agent asuransi dikatakan berhasil dalam menjual asuransi jiwa jika  berhasil merubah kata Tidak menjadi Iya.Berhasil merubah penolakan menjadi penerimaan dengan baik,biasanya ni ya...para calon nasabah yang awalnya menolak dengan keras,,,tetapi ketika kita bisa melakukan pendekatan dengan baik dan  berhasil  membuat mereka menabung di asuransi yang kita bawakan  maka kepercayaan mereka jauh lebih dari pada nasabah yang tidak terlalu sulit menerima.Dengan kata lain...kepercayaan mereka tentu lebih dari yang lain.
    Disini saya akan berbagi  tips pendekatan dalam menjual asuransi jiwa..

kita langsung aja ya,,,
Pendekatan
Setelah kita berhasil membuat janji ketemu,maka langkah selanjutnya tentu kita menepati janji untuk ketemu..Setelah ketemu dengan calon nasabah,maka hal yang harus kita lakukan adalah pendekatan.Sobat boleh mulai dengan 4SN (Senyum Sapa Salam Sebutkan Nama anda).Jelaskan dengan singkat bahwa anda adalah orang yang membuat janji sebelumnya,biasanya prospek akan segera mempersilahkan dan menerima anda dengan baik,namun prospek belum percaya sepenuhnya oleh karena itu pendekatan adalah hal yang sangat penting kita lakukan.Pendekatan adalah salah satu  faktor penentu,apakah kita sebagai agen asuransi akan dapat menutup penjualan (Closing)dengan baik atau tidak. Pendekatan adalah kuncinya,banyak agen asuransi gagal menutup penjualan karena pendekatannya belum terjalin dengan baik.Banyak hal yang dapat kita lakukan dalam pendekatan,klo menurut saya ya..intinya dalam melakukan pendekatan kita harus terlebih dahulu memberi,sebelum kita menerima apa yang akan menjadi tujuan kita,kita juga harus memahami apa yang calon nasabah butuhkan dari kita.
saya mengolongkan ada 2 kebutuhan calon nasabah:
  1. Kebutuhan ini dapat mereka penuhi sendiri,dengan kerja keras mereka yaitu,Financial.Mereka memiliki rumah yang mewah,mobil mewah,harta yang berlimpah dsb,itu semua telah mereka dapatkan.
  2. kebutuhan ini tidak dapat mereka penuhi sendiri,mereka membutuhkan orang lain untuk memenuhi kebutuhan ini,kita sebagi marketing harus jeli,tanggap dalam melihat ini,jika kita dapat memberikan kebutuhan itu kepada calon nasabah,mereka akan sangat senang dan akan memberikan juga apa yang kita harapkan dari mereka.Give and Take..Give dulu baru Take,jangan di balik..hehehehehe kebutuhan itu adalah"Pengakuan/Sanjungan"
Mari kita lihat,mengapa orang kaya membeli mobil yang begitu mahal?sampai harga milyaran.Sementara bisa aja beli mobil yang tidak harus semahal itu,mengapa orang membangun rumah begitu mewah?hingga menghabiskan dana yang begitu fantastis.Memiliki perlengkapan rumah yang mewah, piala yang besar dan di pajang di ruang tamu,mengapa tidak di pajang di kamar tidur aja,.Photo-photo tentang kesuksesan,contoh photo bersama orang terkenal,photo ketika wisuda,dan ini di pajang di ruang tamu,sementara bisa aja di pajang di ruang keluarga.Sebenarnya mereka sedang meminta pengakuan dari setiap orang yang melihat.Sobat boleh berikan pengakuan/sanjungan terhadap apa yang calon nasabah anda butuhkan,tetapi jangan berlebihan.
Sobat boleh bahas tentang kesuksesan calon nasabah,boleh bahas tentang ke indahan lingkungan rumah (jka kita datangnya ke rumah),sobat boleh bahas tentang anak sang calon nasabah,boleh bahas juga tentang hobby calon nasabah,boleh juga kita berikan sanjungan/pengakuan  yang tulus terhadap apa yang telah calon nasabah capai,tetapi semua dalam batas yang wajar,dan jangan terkesan terlalu berlebihan dalam memberi sanjungan.Pada dasarnya setiap orang tentu merasa senang ketika di akui/sanjung.Calon nasabah pun demikian,tetapi kita harus dengan tulus melakukannya.Calon nasabah dapat merasakan apakah sanjungan yang kita berikan itu tulus atau tidak,maka berhati hatilah dalam memberikan sanjungan kepada nasabah.( jangan Lebay).Jangan terburu buru menjelaskan produk asuransi yang anda bawakan sebelum terjalin kedekatan dengan baik.Biasanya calon nasabah akan bercerita panjang lebar kepada anda tentang kehidupan,pekerjaan atau banyak hal jika mereka telah merasakan kedekatan dengan anda. Sebaliknya anda pun dengan setia mendengarkan,hal ini penting untuk kita dengarkan,sebagai data agar kita tidak salah dalam mengambil langkah selanjutnya.Biar kan calon nasabah banyak bercerita tentang kehidupannya..Karena dari cerita calon nasabah kita dapat menentukan kebutuhan apa yang mereka perlukan,dan anda pun dapat menggali banyak data (fact finding)serta mengetahui  kebutuhan calon nasabah anda.
setelah kita berhasil malakukan pendekatan,kita telah mendapatkan banyak data,termasuk kita telah mengetahui apa sebenarnya yang menjadi kebutuhan calon nasabah,maka langkah selanjutnya,presentasi kita tentunya akan berjalan dengan lancar,dan memudahkan kita dalam melakukan penutupan penjualan. Intinya datanglah kepada calon nasabah sebagai mitra,bukan sebagai penjual...hasil akan mengikuti...Sementara sekian dulu sedikit tips dari saya.tentang pendekatan dalam melakukan penjualan.semoga sukses...mohon berbagi tipsnya untuk agan agan yang memiliki lebih.Karena semakin banyak berbagi tentunya kita akan semakin banyak menerima...salam sukses.





6 comments:

  1. good blog !! inspiring much!

    from
    www.jusnoniku.com

    ReplyDelete
  2. Bagus nih tipsnya, kejujuran dan terbuka terhadap produk yang ditawarkan juga merupakan hal yg penting,saya sendiri masih terus belajar :)

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. bagus nih, thanks ya tipsnya
    salam dari AXA FINACIAL INDONESIA

    ReplyDelete
  5. http://suzukimobilpurwokerto.blogspot.com/
    nice gan

    ReplyDelete
  6. APA ITU PROGRAM 3i NETWORKS

    3i Networks adalah unit link dari PT. Central Asia Raya (CAR) dimana program ini baru saja running awal januari 2014. Sedangkan PT. CAR sendiri sudah ada sejak tahun 1975.

    Peluang masih sangat terbuka lebar!!! menabung 350rb/bulan x 5thn + bunga 6 - 20% = 21jt + bunga + bonus asuransi jiwa, Free biaya administrasi bulanan.

    Secara mudah sistem "3i Network" adalah "NASABAH GET NASABAH", bonus asuransi tidak ke agent tetapi ke nasabah yg mereferensikan.

    Setiap nasabah yang bergabung karena refferensi anda maka anda akan mendapatkan bonus sponsor sebesar 50rb/bulan di tahun pertama, 25 rb/bulan ditahun ke 2, dan 12,5 rb/bulan di tahun ke 3, dan itu belum termasuk 5 bonus lainnya.

    Dan Perlu diingat program 3i network bukan berfokus untuk berjualan asuransi...!!! kita di sini mendapatkan manfaat dari menabung dan mengajak teman untuk menabung sehingga kita memperoleh komisi besar setiap bulannya.

    "3i Network" Menabung 350 ribu/bulan selama 5 tahun saja dan mereferensi 3 orang, mendapatkan 3 manfaat sekaligus:
    1. Insurance, Proteksi Asuransi Jiwa senilai Rp 21.000.000,-
    2. Investment, Tabungan Multiguna dengan nilai tunai dan manfaat sampai usia 74 th
    3. Income, Memiliki Bisnis dengan potensi pendapatan 300jt/bulan.

    Mulai saat ini, mari kita sisihkan sedikit uang kita untuk ditabung, bersama CAR 3i Networks kita songsong masa depan yang cerah dan penuh kebahagiaan.

    Bukan hanya untuk kita, tetapi untuk orang-orang yang kita kasihi...

    Silahkan hubungi saya...
    Hub. 087788641010
    BBM. 7EB71A5A

    http://3iayonabung.blogspot.com
    http://3i-networks.com

    ReplyDelete