"Selamat Datang" sobat, di blog saya "Marketing lampung",semoga blog ini memberikan manfaat bagi sobat sekalian,saya sangat senang kalau kita bisa saling mengenal,oleh karena itu silakan sobat untuk berkomentar dengan baik,Blog ini dofollow,tinggalkan Jejak anda /alamat blog anda,agar saya bisa segera berkunjung balik.terimaksih sukses selalu.

Monday, September 17, 2012

Tehink fact finding yang baik menjual asuransi jiwa

Tehink fact finding yang baik menjual asuransi jiwa:Salah satu step yang harus kita lakukan dengan baik dalam proses penjualan asuransi jiwa adalah fact finding,yaitu proses mengumpulkan data sebanyak-banyaknya mengenai prospek dengan cara bertanya sehingga  agen dapat mengetahui kebutuhan prospek.
Tujuan fact finding adalah untuk mengetahui hal-hal yang bersifat vital mengenai prospek.Fact finding merupakan salah satu kunci terjadi nya closing.

Kesuksesan fact finding sangat tergantung kepada keterampilan kita dalam bertanya dan ketelitian kita dalam menyimak informasi dari prospek.Semakin baik fact finding yang anda lakukan maka semakin besar peluang anda untuk dapat menutup penjualan dengan baik.
Proses fact finding dapat anda lakukan dengan bertanya langsung kepada prospek,sesuai kebutuhan anda,hal apa yang ingin anda gali dari prospek.
Tehnik bertanya dapat kita bagi menjadi 2 bagian.
  • Pertanyaan tertutup (Closed Question) atau Limiting Factual
Jenis pertanyaan ini factual,tajam dan tepat sasaran,hal ini dilakukan untuk mempersempit pembicaraan,dan pertanyaan ini hanya membutuhkan jawaban singkat,"ya"  atau "Tidak".
Pertanyaan ini di lakukan untuk mendapatkan fakta,seperti...usia,pekerjaan,dan sebagainya.
Contoh pertanyaan:
Boleh saya tahu tanggal lahir bapak/ibu?
Berapa usia anak nya sekarang pak/bu?
selama ini sudah menabung di asuransi....xxx ...atau belum pak/bu?
Juga pertanyaan ini di ajukan untuk membuat kesamaan persepsi dengan prospek.
Contoh pertanyaan
Bapak/ibu tentunya sependapat dengan saya bahwa biaya pendidikan setiap tahun mengalami kenaikan.
Bapak/ibu tentunya sependapat dengan saya bahwa sebagai orang tua  kita akan berusaha melakukan apapun yang terbaik untuk anak.
Bapak ibu tentunya sependapat juga bahwa hidup ini penuh dengan resiko...dan tidak seorangpun yang dapat mengetahui apa yang akan terjadi pada masa yang akan datang.
Pertanyaan ini tujuannya untuk menyamakan persepsi dengn prospek sekaligus untuk mengajak prospek merencanakan masa depan.
Semakain kreatif anda melakukan fact finding maka semakin mudah bagi anda untuk menetukan kebutuhan prospek anda.
  • Pertanyaan terbuka (Open Question) atau Motivational
Pertanyaan ini kita ajukan dan membutuhkan jawaban yang panjang lebar.
Tujuan pertanyaan ini  memberikan kesempatan kepada agen untuk mengetahui hal-hal yang mengkhawatirkan prospek.Juga memberikan kesempatan kepada prospek untuk mengekspresikan pikiran dan pendapat mereka secara panjang lebar.Sehinga anda sebagai agen lebih mudah untuk mempelajari hal apa yang prospek inginkan dan hal apa yang prospek tidak inginkan.
Kata kunci nya adalah("Mengapa","apa","Bagaimana")
Contoh pertanyaan
Wah...bapak/ibu sudah memiliki banyak perlindungan asuransi jiwa,boleh saya tahu Apa alasan bapak ibu memiliki banyak polis asuransi iwa?
Menurut bapak/ibu kapan saat yang tepat untk memulai memiliki perlindungan asuransi jiwa? mengapa?
Bagaimana pendapat bapak/ibu tentang asuransi jiwa?
Kesimpulannya adalah pertanyaan ini di lakukan untuk mengajak  agar prospek bercerita panjang lebar,sehigga agen dapat mengetahui pikiran dan pendapat prospek.
Setelah anda merasa cukup data yang anda dapatkan sebagai modal anda selling maka langkah selanjutnya anda untuk menentukan program apa yang kan anda presentasikan kepada prospek.
Demikian sedikit tips Tehnik fact finding dalam melakukan proses penjualan asuransi jiwa.semoga bermanfaat dan Happy Selling......Salam Citramaniezs










3 comments:

  1. Trims banget, ini sangat membantu saya yang masih baru di dunia industri asuransi, terkadang suka mentok kalau prospek jawabannya "saya sudah punya asuransi".
    trims. www.duta.vinnco.com

    ReplyDelete
  2. Mau dapat penghasilan minimal 30 juta per bulan dalam 8 bulan yang akan datang? Tak harus jadi agen asuransi. Saya beri tahu rahasianya. Silakan hubungi WA 088226144373

    ReplyDelete