"Selamat Datang" sobat, di blog saya "Marketing lampung",semoga blog ini memberikan manfaat bagi sobat sekalian,saya sangat senang kalau kita bisa saling mengenal,oleh karena itu silakan sobat untuk berkomentar dengan baik,Blog ini dofollow,tinggalkan Jejak anda /alamat blog anda,agar saya bisa segera berkunjung balik.terimaksih sukses selalu.

Wednesday, December 5, 2012

Rahasia Sukses Raja Marketing

Rahasia Sukses Raja Marketing:Berbicara dunia marketing memang tidak  ada habisnya,ilmu marketing mencakup semua bidang.Menurut saya semua profesi di dunia ini adalah marketing/sales.Tetapi saya sendiri suka bingung ketika saya mengajak beberapa teman untuk bergabung bersama,mereka langsung menolak mentah-mentah,"ooo...kerjanya jadi sales ya....marketing ya..." saya tidak ada bakat jadi sales,saya tidak bisa berbicara...inilah kata-kata yang sering saya temui....
Hehehehee....mungkin anda juga pernah mengalami hal yang sama...
Saya suka berpikir...apakah bekerja sebagai karyawan tetap disebuah perusahaan itu bukan sales?,apakah sebagai guru itu bukan marketing?,apakah sebagai dokter itu bukan marketing?,apakah sebagai pengemis itu bukan marketing?.
Dapatkah teman-teman membantu saya,pekerjaan apa yang tidak berhubungan dengan marketing/sales (penjual)  di muka bumi ini.Muda-mudi yang sedang berpacaranpun adalah sales,mereka saling menjual diri (dalam pengertian yang positif) agar saling menerima.
Seorang guru memiliki segudang ilmu yang akan di jual kepada anak didiknya,sehingga ia di bayar berupa gaji.Seorang sekretaris disebuah perusahaan memiliki kemampuan/keahlian dibidangnya dan menjualnya saat wawancara,maka ia dibeli oleh perusahaan dan di bayar.Seorang dokter juga marketing,ia memiliki keahlian dibidangnya dan dijual kepada pasien maka ia mendapatkan bayaran.Seorang pengemis dia harus menjual dirinya,ia berusaha bagaimana agar orang bersimpatik kepadanya dan memberinya sejumlah uang,dsb.
Bahkan Barak obama sendiri,jika ia tidak  mampu  menjual diri,menjual kemampuannya/keahliannya,menjual visi dan misinya ketika mempromosikan dirinya (kampanye),tidak mungkin ia terpilih kembali.Nah...untuk itu menurut saya semua profesi di muka bumi ini adalah marketing/sales.
kembali ke topik kita hari ini.Apakah sebenarnya Rahasia dibalik Suksesnya seorang Raja  Marketing...?  Wach....menarik nich untuk ditelusuri...
Ternyata urutan pertama adalah: 
  1. Mimpi (Dream)
  2. Yakin (optimis)
  3. Berani
  4. Kerja keras
  5. Jujur
  6. Profesional
  7. Cinta
  8. Waktu
  9. Doa
9 Hal tersebut diatas yang menjadi rahasia sukses raja marketing bahkan bukan hanya marketing tetapi setiap orang yang sukses memiliki hal-hal tersebut.Mari kita bahas satu persatu.
1.Dream

menjadi faktor utama yang harus/wajib dimiliki oleh setiap orang yang ingin merubah hidupnya.Perbedaan orang yang berhasil dengan orang yang gagal adalah pada dream nya.
Orang sukses:Memiliki mimpi.Setelah ia bermimpi (menetapkan impiannya) maka ia akan bangun/bangkit  menetapkan rencana mengatur waktu untuk memperjuangkan impiannya.
Orang gagal :Ia juga bermimpi (menetapkan impian) tetapi ia menikmati impian itu dan tidur kembali.
Dream adalah tujuan/goal  yang akan di capai,tanpa ada dream mustahil akan nyampe...ya mau nyampe kemana wong tujuannya aja gak ada....setuju gak teman-teman...Bisa-bisa nanti nyasar,karena tidak memiliki tujuan,ibarat sebuah kapal yang sedang berlayar di tengah lautan,jika ia tidak menetapkan tujuan apakah ia akan mencapai tujuannya?.
Tentukan tujuan anda,tentukan goal anda,apa yang akan anda capai,baik dalam waktu dekat/jangka pendek,jangka menengah dan jangka panjang.
Menetapkan dream harus jujur pada diri sendiri,tanyakan diri anda,apa sebenarnya yang benar-benar akan anda raih.Menetapkan dream jangan terpengaruh oleh pihak luar,menetapkan dream harus realistis,harus menjadi/memberikan motivasi,realistis /mungkin untuk di capai,dan jika tercapai betapa bahagianya anda.Menetapkan dream harus spesifik,harus detil.
Misalnya dream anda dalam waktu dekat ini adalah ingin membeli sebuah rumah.
well...ini tentu akan memberikan motivasi bagi anda bukan...?, maka tentukan rumahnya seperti apa?tipenya berapa?luas tanahnya berapa?daerahnya bagaimana?,berapa kamar tidurnya ,berapa luas halaman,cat warna apa,berapa lama dream ini harus anda capai,dan sebagainya.Waduch ribet juga ya.....iya memang harus demikian...menetapkan dream harus lengkap sampai hal yang paling detil...mengapa...?
begini analoginya:
Misalnya anda disuruh untuk menemui seseorang,katakanlah bapak Badu.Beliau sekarang disebutkan tinggal di Jakarta, ya dijakarta....anda cari sendiri pokoknya bapak badu sekarang tinggal di Jakarta.Apakah anda dapat menemui bapak Badu tersebut?,sedangkan Jakarta begitu luas.
Bandingkan dengan ini:
Anda disuruh untuk menemui bapak Ali,sekarang bapak Ali  tinggal di jakarta,jalan Diponegoro,Gang manggis 5 no 3 ,RT/RW. 001/002.jakarta barat,nomor teleponnya 123456789.
Mana yang akan mudah ditemui bapak badu atau bapak Ali...?
Nah... dengan demikian Dream,Goal,tujuan yang kita tetapkan juga harus spesifik sehingga mudah untuk di capai,dan tidak akan nyasar.

2.Yakin.

Berikutnya adalah Yakin/Optimis.Perbedaan orang gagal dan orang sukses adalah pada keyakinannya/optimismenya,orang sukses melihat kendala yang dihadapi sebagai tantangan yang harus di selesaikan,sementara orang gagal melihat kendala sebagai masalah yang tidak mungkin dapat diselesaikan.
Ciri orang sukses adalah menyukai tantangan,karena tantangan ini akan membuatnya lebih dewasa dalam menghadapi berbagai tantangan-tantangan berikutnya.Semakin tinggi sebuah pohon,maka akan semakin kencang terpaan angin yang harus di terimanya.Orang sukses memiliki keyakinan bahwa ia akan dapat mencapai dream yang telah ditetapkannya.Oleh karena ia memiliki keyakinan yang kuat,maka ia tidak akan mudah terpengaruh oleh kata-kata negatif dari luar.

3.Berani

Orang sukses adalah pemberani.Ia telah menetapkan Goal/tujuannya,ia yakin bahwa tujuannya akan tercapai,maka otomatis ia berani melakukan apa saja demi mencapai goalnya,karena ia sangat sadar betapa bahagianya nanti ketika goal ini tercapai.

4.kerja keras

Sudah tentu untuk mencapai sesuatu yang di cita-citakan/impikan, harus berusaha dan kerja keras.Dibutuhkan perjuangan yang tidak mudah.Indonesia untuk meraih cita-cita kemerdekaan ini,harus memperjuangkannya sampai nyawa taruhannya.
Semakin besar nilai yang ingin di capai itu,maka semakin mahal juga harganya,dan semakin besar juga usaha untuk meraihnya.Pelatih saya pernah berkata begini,"Semakin anda keras terhadap diri sendiri,maka kehidupan ini akan semakin lembut kepada mu.Tetapi sebaliknya,jika anda lembut kepada diri sendiri,maka kehidupan ini yang akan keras kepada kamu.
Wow....ngeri juga ya....tapi memang benar,jika kita keras terhadap diri sendiri,kita mau memaksakan diri dan kita berusaha berjuang sekuat tenaga,materi dan pikiran maka ketika tercapai tujuannya/hasilnya,,, wah...lega rasanya,lupa dengan bagaimana capeknya,lelahnya  dalam berjuang meraihnya.
Keberhasilan itu adalah sesuatu yang berharga,dan siapa yang ingin memilikinya tentu harus berani bayar harganya.Kerja keras,materi,pikiran,waktu dsb,ini adalah harga yang harus di bayar.

5.Jujur

Jujur dan dapat dipercaya,ini adalah modal utama seorang yang ingin sukses di bidangnya.Manusia adalah mahluk sosial,yang tidak dapat hidup sendiri,untuk itu kita membutuhkan relasi,komunitas,dsb.Jujur terhadap diri sendiri dan terhadap orang lain,ini akan menambah banyak teman dan relasi bisnis,secara tidak langsung maka bisnis anda pun akan semakin besar.Coba kita bayangkan jika seorang pebisnis,selalu berlaku tidak jujur,setiap orang yang bekerja sama dengannya merasa kecewa,lama-kelamaan ia akan dijauhi oleh teman bisnisnya,secara perlahan usahanya akan bangkrut.Dalam dunia marketing juga kejujuran seorang penjual adalah modal utama untuk menumbuhkan kepercayaan dari para calon kliennya.

6.Profesional

Ya...sudah tentu seorang marketing harus profesional.Mahir,Experts di bidangnya,mampu menempatkan segala sesuatu dalam porsinya,membedakan urusan kerjaan dengan urusan pribadi,dan menguasai bidangnya.

7.Cinta

Orang sukses memiliki rasa cinta yang lebih dari yang orang lain,cinta kepada sesama dan cinta kepada pekerjaannya.
Cinta kepada sesama,ia akan memberikan yang terbaik kepada para relasi bisnisnya,ia akan memberikan pelayanan yang terbaik kepada para kliennya,dengan demikian bisnisnya akan semakin berkembang,setiap orang akan merasa senang dan beruntung jika berbisnis dengannya.
Cinta kepada pekerjaannya,dan profesinya,dengan demikian maka ia akan melakukan pekerjaannya dengan senang hati,tulus,ikhlas dan penuh kejujuran.Bagaikan seorang pemuda yang mencintai seorang wanita,maka ia akan melakukan apapun demi orang yang dicintainya,ia merindukannya,ia akan tulus,ikhlas,jujur dsb.
Jika anda ingin sukses maka cintailah pekerjaan anda....

8.Waktu

Orang sukses,tentunya mengatur waktunya dengan baik,management waktu,membuat jadwal dan menjalankannya.Salah satu perbedaan orang gagal dan orang yang berhasil adalah pada pemanfaatan waktunya,pintar melihat peluang pada waktu yang tepat.Berjuang berpacu dengan waktu.Contoh pemain bola.semakin sedikit sisa waktu maka mereka semakin meningkatkan frekuensi permainan,semakin gila mainnya.So...Time is the Enemy (waktu adalah musuh),maka kuasai waktu dan jangan sampai kalah dengan waktu.Salah-salah kita dimakan waktu.

9.Doa 

Hal terakhir adalah doa,sudah pasti karena kita tidak memiliki kekuatan apapun tanpa pertolongan Nya.
Berdoa tanpa Berusaha adalah Sia-Sia,dan Berusaha tanpa Berdoa adalah Sombong.





Rahasia,raja marketing,sukses,sales,marketing,
profesional,Dream,target,goal,asuransi,pemasaran,bisnis,
klien,nasabah,customer




No comments:

Post a Comment