"Selamat Datang" sobat, di blog saya "Marketing lampung",semoga blog ini memberikan manfaat bagi sobat sekalian,saya sangat senang kalau kita bisa saling mengenal,oleh karena itu silakan sobat untuk berkomentar dengan baik,Blog ini dofollow,tinggalkan Jejak anda /alamat blog anda,agar saya bisa segera berkunjung balik.terimaksih sukses selalu.

Saturday, December 22, 2012

Tehnik mempengaruhi orang lain

Tehnik mempengaruhi orang lain:Sebagai seorang marketing asuransi,dituntut untuk dapat mempengaruhi calon pelanggan.Tentunya mempengaruhi untuk hal yang lebih baik.Terlebih lagi sebagai marketing asuransi jiwa,ini dikarenakan produk yang anda bawakan adalah produk yang tidak berwujud,dan manfaatnya juga akan dirasakan dikemudian hari.Baik kita langsung saja ke pokok pembahasan.
Ada beberapa cara /tehnik yang dapat anda lakukan untuk  menggiring,mempengaruhi orang lain atau calon pelanggan.
  • Tentunya pertama tama adalah Performance,penampilan,pada pertemuan 5 detik pertama ini sangat menentukan apakah anda akan dapat mempengaruhi orang tersebut atau tidak.Tunjukan bahwa anda adalah orang yang profesional,Rapih,bersih,dan sopan,ini akan memberi kesan bahwa anda adalah orang yang layak untuk dipercaya.Tatapan mata pada pertemuan pertama adalah juga menentukan.Tatapan mata harus yakin tetapi bersahabat.
  • Selanjutnya adalah tutur kata/bahasa,usahakan pada pertemuan pertama bahasa anda profesional,sopan,Tegas dan jelas,Memperkanalkan nama dengan jelas,ini akan memberikan kesan bahwa anda adalah orang yang percaya diri.
  • Lakukan passing (persamaan).Lakukan hal ini dengan menirukan gerakan tangan lawan bicara anda, membungkukkan badan ke depan atau belakang mengikuti gerakan lawan bicara, atau berbagai gerakan kepala dan lengan lainnya. Kadang-kadang kita melakukannya tanpa sadar.Beberapa hal yang perlu diingat adalah Anda harus melakukannya dengan halus, dan buat jeda sekitar 2-4 detik antara gerakan orang tersebut dengan gerakan Anda.
  • Buat special,seperti yang  sering dilakukan oleh orang pembuat iklan. Kesempatan memiliki sesuatu terlihat sangat spesial,yang memilikinya juga menjadi spesial,dan terbatas,sehingga ini hanya akan dimiliki oleh orang yang mengambil kesempatan tersebut.
  • Bahasa, ,Hindari berbicara dengan menggunakan kata kata yang bersifat  lemah.Contohnya:Mungkin,barangkali,bisa jadi dsb.Kata-kata ini hanya kan memberikan kesan negatif kepada lawan bicara anda.Ini akan menunjukkan bahwa anda tidak experts dibidang yang anda bicarakan.Kata-kata seperti itu sebenarnya menunjukkan rasa kurang percaya diri kita, yang dengan sendirinya membuat kita kurang persuasif. Jika Anda yakin dengan apa yang Anda katakan, orang lain pun akan mudah terbujuk dengan apa pun yang Anda katakan. 
  • Memberikan keuntungan lebih.Tunjukkan pada orang lain apa keuntungan bagi mereka jika melakukan tindakan yang Anda sarankan ini. Namun perhatikan apa yang Anda sampaikan. Anda harus mengatakannya dengan optimis, mendorong, dan menyenangkan mereka. Sikap pesimis dan mengkritik tidak akan membantu. Coba ingat bagaimana Obama memenangkan pemilu akhir tahun lalu. Kata kuncinya adalah "Yes, we can!". Mengatakan hal-hal buruk tentang orang lain, seperti yang dilakukan John McCain, tidak akan membuat orang bersimpati.
  • Menggiring. Kita semua terlahir menjadi pengikut. Kita sering memperhatikan apa yang dilakukan orang lain sebelum kita bertindak, karena kita membutuhkan penerimaan dari orang lain. Secara sederhana, cara efektif untuk menggunakan kebiasaan ini adalah dengan menjadi pemimpin, membuat orang lain mengikuti Anda. Misalnya, Anda sedang menghadiri seminar, dan memilih duduk di tengah-tengah. Begitu seminar dimulai, sang MC meminta hadirin untuk mengisi bangku-bangku kosong di depan. Nah, cobalah untuk menjadi orang pertama yang menggiring orang lain untuk menempati bangku tersebut.
Selain dari beberapa hal tersebut anda juga harus mampu untuk mengerti apa keinginan lawan bicara anda.Dengan memberikan apa yang mereka inginkan maka mereka akan senang mengikuti apa yang anda sarankan.Cara paling mudah untuk mengerti keinginan orang adalah dengan menjadi pendengar setia terhadap apa yang mereka ceritakan.Sehingga dengan banyak mendengarkan anda tidak akan salah dalam memberikan saran,dan memberikan solusi yang anda sarankan.Selanjutnya berikan keuntungan yang lebih jika mereka mengikuti apa yang anda sarankan.
Dengan demikian anda akan mudah mempengaruhi orang tersebut.



No comments:

Post a Comment