"Selamat Datang" sobat, di blog saya "Marketing lampung",semoga blog ini memberikan manfaat bagi sobat sekalian,saya sangat senang kalau kita bisa saling mengenal,oleh karena itu silakan sobat untuk berkomentar dengan baik,Blog ini dofollow,tinggalkan Jejak anda /alamat blog anda,agar saya bisa segera berkunjung balik.terimaksih sukses selalu.

Tuesday, December 11, 2012

Mengenal tipe orang dalam menghadapi masalah

Mengenal  tipe orang dalam menghadapi masalah: Salam sobat sekalian,semoga sehat selalu.  
Kali ini kita akan membahas mengenai beberapa tipe orang dalam menghadapi masalah.Ada beberapa teman saya mengatakan bahwa hidup ini adalah masalah,ada juga yang mengatakan bahwa hidup ini untuk menyelesaikan masalah,dan ada juga yang mengatakan hidup ini tidak luput dari masalah dan banyak lagi...tapi apapun itu kata mereka ,saya tidak membahas kesana...

Kalau menurut saya masalah itu sendiri adalah suatu proses pendewasaan diri.
Tingkat kedewasaan seseorang dapat di lihat dari caranya menyelesaikan masalah.
Oleh karena masalah itu adalah proses pendewasaan diri,maka selanjutnya saya tidak akan menggunakan kata masalah,tetapi saya ganti dengan Tantangan.Tantangan yang harus diselesaikan...
Baik kita langsung ke inti pembahasannya...Ada beberapa tipe orang dalam menghadapi tantangan atau tekanan...Dengan mengenali tipe masing-masing orang ini, semoga kita dapat memberikan motivasi yang tepat sesuai tipenya masing-masing.

Tipe yang pertama adalah:

TIPE KAYU RAPUH

Tipe kayu rapuh saya menyebutnya juga tipe arang...Orang tipe seperti ini  dengan sedikit tekanan saja, akan membuat manusia ini patah arang. Orang tipe  ini kesehariannya kelihatan bagus, tapi sebenarnya ia rapuh  di dalam hatinya,ia berusaha kelihatan bagus untuk menutupi kerapuhannya. Orang ini gampang sekali mengeluh pada saat kesulitan terjadi.
Untuk menghadapi tipe orang seperti ini, kadang kita harus lebih berani tega. Sesekali mereka perlu belajar dan dilatih menghadapi kesulitan,tetapi  posisikan diri kita sebagai pendamping setia bagi mereka.Dengan harapan ia akan belajar untuk lebih matang dan lebih kuat dalam menghadapi tantangan.

TIPE LEMPENG BESI

Orang tipe ini biasanya pada awalnya mampu bertahan dalam tekanan . Namun seperti layaknya besi, ketika situasi menekan itu semakin besar dan kompleks, ia mulai bengkok dan tidak stabil. 
Demikian juga orang-orang tipe ini,mereka mampu menghadapi tekanan, tetapi tidak dalam kondisi berlarut-larut,tidak bertahan lama...
Tambahan tekanan sedikit saja, membuat mereka menyerah dan putus asa. Untungnya, orang tipe ini masih mau mencoba bertahan sebelum akhirnya menyerah. 
Tipe lempeng besi memang masih belum terlatih. Tapi, kalau mau berusaha, orang ini akan mampu membangun kesuksesan dalam hidupnya.

TIPE KAPAS 

Tipe ini cukup lentur,cukup kuat dalam menghadapi tantangan/tekanan. Saat tantangan/tekanan tiba, orang ini akan mampu bersikap fleksibel. Cobalah Anda menekan sebongkah kapas. Ia akan mengikuti tekanan yang terjadi.

Ia mampu menyesuaikan saat terjadi tekanan. Tapi, setelah berlalu, dengan cepat ia bisa kembali ke keadaan semula. Ia bisa segera melupakan masa lalu dan mulai kembali ke titik awal untuk memulai lagi.


TIPE BOLA PINGPONG 

Tipe keempat, adalah tipe manusia bola pingpong. Inilah tipe yang ideal dan terhebat. Jangan sekali-kali menyuguhkan tekanan pada orang-orang ini karena tekanan justru akan membuat mereka bekerja lebih giat, lebih termotivasi, dan lebih kreatif. 
Coba perhatikan bola pingpong,saat ditekan, justru ia memantul ke atas dengan lebih dahsyat.  
Semakin keras anda memberi tekanan,maka semakin keras juga
energi yang dihasilkannya.
Tipe seperti ini adalah orang yang positif melihat tantangan.Ia tidak mau kalah oleh tekanan,dan tantangan yang datang dari luar.Orang seperti ini adalah orang yang memiliki motivasi tinggi,dan tidak sulit baginya untuk mendapatkan kesuksesannya.

Itu adalah 4 tipe orang ketika menghadapi tantangan dan tekanan,Ada dimanakah posisi anda sekarang?...Jika masih berada di tipe kapas,segeralah beralih ke tipe berikutnya,hingga anda akan menjadi tipe bola pingpong.
Karena sesungguhnya “Semua kesulitan/tantangan dan tekanan adalah merupakan kesempatan bagi jiwa kita untuk tumbuh dan menjadi besar” (John Gray)
Good luck......






























































No comments:

Post a Comment

Share It