"Selamat Datang" sobat, di blog saya "Marketing lampung",semoga blog ini memberikan manfaat bagi sobat sekalian,saya sangat senang kalau kita bisa saling mengenal,oleh karena itu silakan sobat untuk berkomentar dengan baik,Blog ini dofollow,tinggalkan Jejak anda /alamat blog anda,agar saya bisa segera berkunjung balik.terimaksih sukses selalu.

Sunday, December 2, 2012

Cara bijak mengajak orang lain melakukan hal yang kita inginkan

Cara bijak mengajak orang lain melakukan hal  yang kita inginkan: Berbicara mengenai mengajak orang lain untuk melakukan apa yang kita inginkan tidaklah semudah apa yag kita pikirkan,(tentunya mengajak atau memberikan saran yang positif ya sobat). contonya:mengajak mereka untuk lebih baik bagi dirinya sendiri,dengan meningkatkan kinerja agar target tercapai dsb.
Sering terjadi ketika berhadapan dengan anda,mereka mengiyakan atau menuruti apa yang menjadi saran anda,misalkan anda sebagai leadernya,atau rekan kerjanya atau juga kepada calon nasabah anda.
Tetapi pada kenyataannya tidak seperti apa yang kita harapkan.Sifat orang yang berbeda-beda menjadi faktor kenapa ini terjadi.Sebagian orang bisa menerima/mengikuti dengan tulus ikhlas apa yang menjadi harapan anda sebagai orang yang memberi saran,sebagian orang mungkin mengiyakan dihadapan anda tetapi kemudian tidak melakukan apa yang anda inginkan,dan sebagian orang lagi dengan terang terangan membantah arahan anda.
Lau pertanyaannya adalah kenapa bisa terjadi demikian?sementara apa yang menjadi saran anda itu adalah hal yang baik,demi kemajuan dirinya sendiri.koq diajak maju,diajak sukses,lebih baik kenapa gak mau.
Bagi anda yang ingin mengajak/memotivasi  orang lain melakukan apa yang anda inginkan,mari ikuti ulasan berikut ini.
Pete Barlow memiliki atraksi seekor anjing dan koda poni.Dia menghabiskan waktu hidupnya dengan bepergian bersama kelompok sirkus untuk pertunjukan-pertunjukan komedi dsb.
Ketika anjing ini selesai memperlihatkan aksinya Pete selalu menepuknya,memujinya,dan memberikan d.aging dan memujinya.Sebenarnya tidak ada yang baru dalam tindakan ini.Para pelatih binatang telah menggunakan tehnik yang sama selama berabad-abad.
Saya berpikiran mengapa kita tidak menggunakan akal sehat  yang sama ketika kita ingin mengubah orang lain untuk hal yang kita harapkan.
Mari  kita tidak menggunakan daging untuk mengubah orang bukan malah menggunakan cambukan.Mari kita memberikan pujian dan bukan cacian.Mari kita memberikan pujian/apresiasi bahkan untuk kemajuan sekecil apapun.Hal seperti ini akan membuat orang lain itu untuk memotivasi dirinya sendiri sehingga  berusaha tetap konsisten untuk mendapatkan pujian,sehingga tetap akan selalu berusaha meningkatkan kemampuan dirinya.
Seperti yang di ungkapkan oleh Jess Lair dalam bukunya:I Ain't.Baby-But I'm All I Got,...Pujian itu ibarat sinar mentari yang menghangati semangat setiap manusia.
Tetapi kebanyakan dari kita hanya dapat memberikan angin dingin kritikan kepada orang lain,kita enggan memberikan teman kita kehangatan sinar mentari  dalam bentuk pujian.
Menurut saya kebutuhan manusia ada 2 macam
a.Kebutuhan yang mampu dipenuhi oleh dirinya sendiri.
b.Kebutuhan yang di peroleh dari orang lain.

a.Kebutuhan yang mampu dipenuhi oleh dirinya sendiri
Kebutuhan ini dapat dipenuhi oleh siapapun dengan kerja kerasnya,usahanya,dsb.yaitu Kebutuhan akan rumah,mobil mewah,harta yang berlimpah,jabatan,aset dan sebagainya.
b.Kebutuhan ini mereka dapatkan dari orang lain,dan tidak dapat dipenuhi tanpa orang lain.Jika anda mampu memberikan kebutuhan ini maka tidak sulit bagi anda untuk mengarahkan orang tersebut.yaitu kebutuhan akan pengakuan dan pujian,
Sudah menjadi sifat dasar manusia dirinya dihormati,diapresiasi,di akui dan sebaginya.Tidak ada orang yang ingin di rendahkan bukan?Nah...ketahui kebutuhan ini dan berikan kepada orang yang layak menerimanya maka usaha anda untuk mengajak orang tersebut kearah yang anda inginkan tidak akan mendapatkan penolakan yang berarti.
Demikian sedikit tips cara bijak mengajak orang lain untuk melakukan hal yang anda inginkan.salam..good luck.






cara memotivasi orang,cara merubah orang lain,mancari kawan,memotivasi bawahan,membakar semangat bawahan,memberikan pujian kepada orang lain,apresiasi.

No comments:

Post a Comment