"Selamat Datang" sobat, di blog saya "Marketing lampung",semoga blog ini memberikan manfaat bagi sobat sekalian,saya sangat senang kalau kita bisa saling mengenal,oleh karena itu silakan sobat untuk berkomentar dengan baik,Blog ini dofollow,tinggalkan Jejak anda /alamat blog anda,agar saya bisa segera berkunjung balik.terimaksih sukses selalu.

Tuesday, September 11, 2012

Kesalahan dalam menjual asuransi jiwa

Kesalahan dalam menjual asuransi jiwa:Menjual asuransi jiwa membutuhkan agen yang Profesional,sabar,harus memiliki semangat yang tinggi,dan dapat di percaya.Produk asuransi jiwa adalah menjual janji,sehingga agen asuransi jiwa harus memiliki komitmen yang dapat di percaya,mempunyai kemampuan yang tinggi di bidangnya,dan menghindari kesalahan yang menyebabkan calon nasabah menunda untuk membeli.Berikut beberapa kesalahan yang sering terjadi dalam menjual asuransi jiwa yang meyebabkan calon nasabah menunda untuk membeli adalah:

  • Kurang terjalin kedekatan antara agen dan calon nasabah
    Masih banyak agen asuransi jiwa begitu ketemu calon nasabah,buru-buru untuk menjelaskan  produk,sementara kedekatan belum terjalin dengan baik,apalagi jika presentasi ini di lakukan di tempat kerja.contohnya di kantor,di toko dan sebagainya.Sementara menjual produk asuransi adalah menjual kepercayaan.Di butuhkan kedekatan secara emosional antara agen dan calon nasabah.Tips pendekatan dapat anda simak disini.
    • Kurang menggali data/dan kebutuhan
    Kurang menggali  data (fact finding)dan kebutuhan ini juga berakibat kepada tidak tepatnya produk yang anda tawarkan kepada calon nasabah.Oleh karena itu anda harus maksimal dalam melakukan hal ini sehingga produk yang akan anda sajikan nanti tepat dan sesuai dengan kebutuhan calon nasabah.Untuk teknik fact finding dapat anda lihat disini.
    • Kurang mengganggu pikiran
    Sekilas kedengarannya kurang baik,kenapa pikiran calon nasabah harus di ganggu?...ya memang kita harus mengganggu pikiran calon nasabah,demi untuk kebaikan mereka,kita mengajak calon nasabah untuk keluar dari zona rasa aman,dalam arti kita mengajak calon nasabah untuk memikirkan masa depan,dan bagaimana jika resiko terjadi,sehingga calon nasabah harus memiliki proteksi,untuk mengantisipasi jika resiko hidup nanti benar terjadi.Tidak seorangpun di dunia ini yang dapat mengetahui dengan Pasti apa yang terjadi pada masa yang akan datang.Namun ada satu hal yang pasti di dunia ini yaitu, setiap orang pasti meninggal dunia.Meninggal dunia terlalu cepat adalah masalah bagi orang yang di tinggalkan,dan meninggal dunia terlalu lama juga masalah,misalnya sudah usia 80 tahun,sudah tidak dapat berbuat apa-apa,tetapi masih hidup dan sakit-sakitan,ini juga menjadi masalah.membutuhkan biaya yang besar,oleh karena itu produk asuransi jiwa adalah jawaban akan kebutuhan ini.
    • Presentasi yang tidak maksimal.
    Maksimal artinya total,detil,sampaikan semua manfaat yang akan diterima calon nasabah ketika membeli produk anda,sering terjadi bahwa calon nasabah tidak membeli dikarekan kurang mengertinya calon nasabah terhadap produk yang ditawarkan oleh agen,atau kurang puasnya calon nasabah terhadap penjelasan yang agen berikan terhadap pertanyaan yang muncul.oleh karena itu menguasai produk dengan baik adalah wajib bagi agen asuransi jiwa.
    • Terlalu memaksa
    Terlalu memaksa...sering terjadi pemaksaan dalam menjual asuransi jiwa,calon nasabah di desak untuk membeli dengan diiming-iming hadiah.dan sebagainya.Perlu kita pahami "semakin kita memaksa calon nasabah untuk membeli,maka semakin mereka membentengi diri untuk tidak membeli".oleh karena itu menjual asuransi jiwa harus fokus pada kebutuhan calon nasabah dan manfaat yang akan diterima dari asuransi itu sendiri.
    • Menepati janji
    Menepati janji menjadi faktor yang penting dalam menjual asuransi jiwa.Agen asuransi  adalah menjual janji maka wajib anda menepati janji,di mulai dari hal yang kecil,contohnya anda membuat janji ketemu pukul 14.00.tetapi anda datang pukul 15.00.Calon nasabah telah menilai bahwa anda orang yang tidak tepat waktu,namun calon nasabah tidak akan mengatakannya.Untuk hal yang kecil saja sudah tidak dapat di percaya apalagi hal-hal yang besar.
    • Jangan terlalu menjual berlebihan
    Terlalu mengagung-agungkan bahwa produk anda yang paling top,atau perusahaan anda yang paling top,juga memberikan kesan yang kurang baik pada calon nasabah,oleh karena itu munjuallah dengan wajar,mengunggulkan produk kita adalah baik tetapi jangan berlebihan,apalagi dengan menjelek-jelekkan produk dari kompetitor anda,presentasikan dengan baik,biarkan calon nasabah yang menilai.
    • Menjual asuransi jiwa adalah meminta
    Beranikan diri untuk meminta,jika anda merasa bahwa semua hal tentang produk telah anda presentasikan dengan baik,dan calon nasabah telah memahami secara utuh tentang produk dan manfaatnya,maka beranikan diri untu meminta.Anda meminta calon nasabah untuk mempersiapkan proteksi bagi mereka demi kebaikan mereka pada masa yang akan datang.Sering terjadi bahwa calon nasabah telah berminat dengan produk tetapi mereka menunggu anda yang aktif untuk mengakhiri proses selling.
    Oleh karena itu sebagai agen asuransi jiwa anda harus memiliki keberanian meminta untuk menutup penjualan.
    Demikian sobat beberapa kesalahan yang sering terjadi dalam menjual asuransi jiwa.Semoga tulisan ini dapat membantu sobat sekalian dan bermanfaat.thanks    happy selling.......
























    2 comments:

    1. Sangat membantu,postingan yg sangat bermanfaat. Thanks to admin.

      ReplyDelete
    2. Tulisan yang sangat inspiratif. Mau dapat penghasilan minimal 30 juta per bulan dalam 8 bulan yang akan datang? Tak harus jadi agen asuransi. Saya beri tahu rahasianya. Silakan hubungi WA 088226144373

      ReplyDelete