"Selamat Datang" sobat, di blog saya "Marketing lampung",semoga blog ini memberikan manfaat bagi sobat sekalian,saya sangat senang kalau kita bisa saling mengenal,oleh karena itu silakan sobat untuk berkomentar dengan baik,Blog ini dofollow,tinggalkan Jejak anda /alamat blog anda,agar saya bisa segera berkunjung balik.terimaksih sukses selalu.

Wednesday, October 24, 2012

faktor penyebab kegagalan dalam menjual asuransi jiwa

Faktor penyebab kegagalan dalam menjual asuransi jiwa:Semua orang membutuhkan asuransi jiwa.Ini prinsip yang harus di pegang teguh oleh seorang agen asuransi jiwa.Mengapa saya berkata demikian...?ya,karena tidak ada orang yang mengetahui apa yang akan terjadi pada masa yang akan datang,dan juga tidak ada orang yang kelebihan uang....selalu kurang....oleh karena itu menurut saya setiap orang membutuhkan asuransi jiwa.Kalau kemungkinan kerugian dapat di pindahkan kepihak lain...kenapa harus di tanggung sendiri...? Inilah  prinsipnya.
Tetapi mengapa banyak orang menolak ketika di tawarkan asuransi jiwa...? kalau menurut saya telah terjadi kesalahan dalam proses yang anda lakukan,Jika semua prosesnya benar,cara menjual anda baik,anda juga layak dipercaya,maka niscaya semua orang membutuhkan asuransi jiwa.
Berikut faktor-faktor yang menyebabkan kegagalan dalam menjual asuransi jiwa.
  • Di mulai dari awal  ketemu klien,saya anggap kita semua telah berhasil membuat janji ketemu.Untuk tehnik menelepon membuat janji ketemu silakan anda lihat disini.Usahakan,datang tepat waktu,sesuai dengan jadwal yang telah dijanjikan.management waktu dalam mengunjungi calon klien dijadwalkan dengan baik.Ada beberapa calon klien yang menilai anda dari segi displin waktu.Jika anda terlambat maka calon klien sudah menganggap anda adalah orang yang tidak tepat waktu,di awal saja sudah telat apalagi kedepannya.Tetapi calon klien tidak mengatakannya kepada anda.
  • Penampilan.Jaga penampilan anda...Anda sebagai agen asuransi jiwa,adalah wakil dari perusahaan.Anda sedang membawa nama besar perusahaan  di belakang anda.Di mata calon klien anda adalah gambaran perusahaan.Sering terjadi bahwa Klien tidak membeli,karena kurang yakin dengan agennya.oleh karena itu penampilan juga hal yang sangat penting dalam menjual polis asuransi jiwa.Penmpilan tidak harus mahal,tidak harus glamour,tetapi cukup bersih,rapih,dan enak di pandang.Boleh menggunakan beberapa assesoris tetapi jangan berlebihan.
  • Pendekatan.Banyak terjadi kegagalan menjual asuransi jiwa dikarenakan belum terjalin hubungan yang baik antara calon klien dengan agen.Pendekatan adalah salah satu kunci sukses anda menjual,jangan terburu-buru menawarkan produk anda sebelum kedekatan dengan calon klien terjalin dengan baik.Untuk tehnik pendekatan anda boleh klik disini.Ciptakan persamaan dengan calon klien anda,hal ini penting untuk membuat nyaman komunikasi kedua belah pihak.Sebagai cacatan sebagian besar agen gagal menutup penjualan asuransi jiwa dikarenakan kurang baik dalam pendekatan.
  • Fact finding & created the need.(menggali data dan menciptakan kebutuhan).Sebelum anda melakukan presentasi produk,wajib hukumnya anda melakukan fact finding,dan created the need.Dapatkan sebanyak mungkin data dari calon klien,semakin banyak data yang anda dapatkan maka semakin besar modal anda untuk proses presentasi.Kemudian ciptakan kebutuhan calon klien.Jadi dalam hal ini anda yang akan memilih paket program apa yang akan anda tawarkan,karena anda adalah financial konsultannya.Untuk tehnik  fact finding & created the need dapat anda lihat disini.
  • Presentasi.setelah proses fact finding & created the need selesai,maka saatnya anda memulai presentasi.Disini anda menjelaskan dengan lengkap mengenai produk yang anda tawarkan,,bagaimana konsepnya,apa keuntungan bagi klien anda jika membeli produk anda,apa kewajibannya,serta aturan-aturannya.Jelaskan dengan rinci tanpa ada yang anda rahasiakan mengenai produk.Libatkan calon klien dalam prsentasi anda.Sering terjadi kegagalan dalam proses presentasi selling dikarenakan tidak melibatkan calon klien secara langsung dalam proses presentasi,sehingga sang calon klien adalah pendengar yang setia.Oleh karena itu melibatkan secara langsung calon klien akan memudahkan mereka memahami produk anda.Keberhasilan menjual asuransi jiwa bukanlah bagaimana anda menjelaskan,tetapi bagaimana anda mendengarkan.Dalam proses presentasi jangan terlalu serius,dan jangan juga terkesan main-main.Sesekali lakukan penyegaran,joke atau candaan agar tidak terlalu serius suasananya.Satu hal  lagi,dalam proses selling jangan terlalu bernafsu menjual jangan terlalu memaksa,jangan terkesan anda sangat ingin menjual demi mendapatkan komisi.Semakin anda bernafsu untuk menjual,hal ini dapat dirasakan oleh calon klien maka akan membuat calon klien semakin bertahan untuk tidak membeli.Tetapi enjoy saja.
  • Handling objection.Menangani keberatan.Disini lah kebanyakan agen menghadapi kendala dalam penjualan polis asuransi jiwa.Masih banyak agen menganggap bahwa Keberatan calon klien itu sebagai penolakan.Saya boleh yakinkan teman-teman,bahwa keberatan itu bukan berarti penolakan.Berfikiran positif saja menghadapi keberatan calon klien.Keberatan itu muncul karena ada niat akan membeli dari calon klien,Menurut saya calon klien mengutarakan keberatannya karena mereka meminta untuk diyakinkan.Contohanya...Calon klien mangatakan..."Nanti ya lain kali saja"..Ini bukanlah penolakan...tetapi sang calon klien sedang meminta kepada anda."tolong yakinkan saya kenapa harus membeli sekarang"."Saya tidak membutuhkan asuransi jiwa".ini bukanlah penolakan tetapi sang calon klien sedang meminta penjelasan "kenapa saya harus membeli".Nah disini di harapkan keterampilan anda dalam menangani keberatan-keberatan itu.Untuk tehnik menangani keberatan secara lengkap dapat anda lihat disini.
  • Trial Close.Mencoba menutup penjualan,ini juga penting,Keragu-raguan anda dalam menutup penjualan akan membuat sang calon klien merasa ragu juga untuk memutuskan membeli.Oleh karena itu lakukan dengan baik,tegas,dan tulus.Untuk tehnik menutup penjualan/Tehnik closing dapat anda lihat disini.
  • Ucapkan selamat.Ucapkan selamat kepada klien yang telah membeli produk anda,Ucapkan kata selamat bukan .Anda datang untuk membantu agar calon klien memiliki perlindungan asuransi jiwa...maka ketika mereka membeli itu artinya mereka telah anda bantu untuk merencanakan yang terbaik bagi mereka dan keluarganya pada masa yang akan datang.oleh karena itu kata yang paling tepat adalah "Selamat ya pak/bu anda telah merencanakan hal yang terbaik untuk keluarga dimasa yang kan datang."Kemudian ucapkan terimakasih bukan karena membeli produk anda tetapi karena menerima anda bertamu denga baik.
Demikian sobat citramaniezs,beberapa faktor penyebab kebanyakan agen asuransi jiwa gagal dalam proses pejualan.semoga bermanfaat...happy selling......
Baca juga "Segelas susu sebagai premi asuransi" disini.






1 comment:

  1. Mau dapat penghasilan minimal 30 juta per bulan dalam 8 bulan yang akan datang? Saya beri tahu rahasianya. Silakan hubungi WA 088226144373

    ReplyDelete