"Selamat Datang" sobat, di blog saya "Marketing lampung",semoga blog ini memberikan manfaat bagi sobat sekalian,saya sangat senang kalau kita bisa saling mengenal,oleh karena itu silakan sobat untuk berkomentar dengan baik,Blog ini dofollow,tinggalkan Jejak anda /alamat blog anda,agar saya bisa segera berkunjung balik.terimaksih sukses selalu.

Tuesday, October 23, 2012

Berbagai Tipe/karakter calon nasabah asuransi jiwa

Berbagai Tipe/karakter calon nasabah asuransi jiwa:Menjadi agen asuransi,memberikan banyak pelajaran yang berharga,anda akan bertemu dengan beraneka ragam tipe,karakter manusia,calon nasabah yang anda temui.Oleh karena itu sebagai agen asuransi jiwa,anda tentunya harus belajar memahami berbagai tipe calon nasabah dan bagaimana cara menghadapinya.Pada kesempatan ini Citra maniezs akan membahas  berbagai karakter calon nasabah asuransi yang umum kita jumpai dan bagaimana cara menghadapinya.
    Pendiam

Ciri orang pendiam adalah mereka lebih banyak mendengar,dan jarang berbicara,dengan raut wajah yang datar,maksudnya tidak menunjukan antusias terhadap apa yang anda jelaskan.Mereka akan berbicara ketika di tanya,dan jawaban yang di berikan pun biasanya singkat.mereka akan berbicara seperlunya.

Sebagai catatan:Tipe seperti ini akan sangat dekat dengan anda,ketika anda berhasil membuat mereka tertarik kepada anda.

Menghadapi tipe seperti ini anda sebagai agen asuransi jiwa harus lebih aktif dalam mengambil kendali berbicara,cobalah memulai pembicaraan dengan menggali topik pembicaraan apa yang lebih mereka sukai.Hal ini penting untuk menjalin kedekatan anda dengan calon nasabah.Hindari menawarkan produk sebelum terjalin kedekatan dengan orang seperti ini.Berikan penjelasan yang mudah di pahami,jangan berbelit belit,sehingga tidak menimbulkan kebingungan pada calon nasabah.pendekatan secara pribadi lebih di minati orang tipe seperti ini.Menghadapi tipe orang pendiam harus lebih banyak melakukan pendekatan.

    Sombong

Sombong adalah salah satu tipe calon nasabah yang menurut saya tidak sulit untuk di persuasi.Ciri orang sepert ini, mereka merasa lebih dari orang lain dalam segala hal,tidak mau kalah adalah sifat dasar mereka.Tipe orang seperti ini tidak segan segan menunjukkan apa yang mereka miliki/apa yang mereka ketahui.Oleh karena itu tipe orang sombong biasanya lebih terbuka.Sebagai agen yang profesional anda harus bersabar dengarkan semua apa yang mereka katakan,berikan kesempatan kepada mereka untuk membuka semua apa yang mereka ketahui.Tipe orang sombong biasanya haus akan pujian,oleh karena itu sebagai penjual anda boleh berikan pujian/sanjungan terhadap apa yang mereka capai,terhadap apa yang dimiliki,dsb.Menawarkan produk sambil memberikan sanjungan adalah cara yang efektif untuk menghadapi tipe ini.Maka pintar pintar lah untuk memanfaat kan suasana hatinya yang senang di sanjung.Tipe orang sombong tidak sulit untuk membuat keputusan.Anda sebagai penjual asuransi jiwa jangan sungkan-sungkan untuk mencoba menutup penjualan(trial close).Untuk tehnik closing dapat anda klik disini

    Tipe peramah

Tipe peramah adalah sangat berlawanan dengan tipe pendiam,Ciri tipe peramah adalah mereka sangat senang bercerita segala hal.Tetapi bukan dalam arti ingin di sanjung.Tipe peramah sangat cepat akrab.Ketika menerima anda sering kali tipe peramah mengulang kata,misalnya,mempersilahkan masuk...mereka suka berkata,,,ya silakan masuk...masuk...masuk..kita dapat dengan cepat mengenali tipe peramah.Mereka sangat mudah di ajak berbicara.menghadapi tipe seperti ini anda enjoy saja,jangan terbawa arus pembicaraan mereka,tetapi anda juga harus tenang mendengarkan sampai pada saatnya tepat anda boleh singgung sedikit demi sedikit tentang produk anda,dan pada akhirnya giring calon nasabah untuk berganti topik pembicaraan ke produk yang anda tawarkan.Tipe peramah bukan lah tipe orang yang detil,oleh karena itu berbicaralah pada intinya saja,yang memberikan manfaat yang akan mereka dapatkan dari produk asuransi yang anda tawarkan.
    Tipe pembanding

Tipe pembanding adalah salah satu tipe yang susah untuk di ajak kompromi,mereka selalu membandingkan apa yang anda tawarkan dengan produk lain,tipe seperti ini selalu melihat hal negatif dari apa yang anda tawar kan untuk di bandingkan dengan produk lain.Cara menghadapi tipe seperti ini jangan terbawa dengan pola pikir mereka,anda jangan membantah apa yang mereka katakan,anda boleh menggunakan  tehnik Yes But,..ya apa yang anda katakan "benar","tetapi"......Menghadapi tipe pembanding kita harus melakukan pendekatan yang baik.Sehingga mereka merasa bahwa anda adalah teman,sahabat mereka,sehingga niat untuk membanding kan menjadi dapat diatasi...
Sebagai catatan tipe pembanding sangat baik untuk dijadikan pemberi referensi (Referral leads))atas teman-temannya,jika anda berhasil menjual kepada mereka.Untuk meminta referensi referral leads dapat anda lihat disini

Demikian sobat sedikit Tips menghadapi berbagai tipe/karakter calon  nasabah  asuransi yang sering muncul....semoga bermanfaat .....happy selling

No comments:

Post a Comment