"Selamat Datang" sobat, di blog saya "Marketing lampung",semoga blog ini memberikan manfaat bagi sobat sekalian,saya sangat senang kalau kita bisa saling mengenal,oleh karena itu silakan sobat untuk berkomentar dengan baik,Blog ini dofollow,tinggalkan Jejak anda /alamat blog anda,agar saya bisa segera berkunjung balik.terimaksih sukses selalu.

Sunday, March 3, 2013

Tips bebas dari Investasi Bodong / Investasi Penipu

Baru-baru ini marak di beritakan di beberapa media,baik media massa,ataupun media electronik,mengenai Investasi Bodong / penipuan berkedok investasi,alias  Penipuan Investasi.
Wow..tidak tanggung-tanggung jumlah dana yang menjadi korbannya juga milyaran bahkan sampai triliunan rupiah,sangat fantastis.

Disatu sisi saya berfikir,ternyata negara kita ini sangat kaya,masyrakatnya kaya-kaya,begitu banyak dana yang tersedot kepada pelaku bisnis Penipuan Investasi ini.
Tapi disisi lain hati saya juga miris turut  menyayangkan ,begitu mudahnya masyrakat kita ini tergiur dengan informasi / investasi yang legalitasnya belum diketahui.
Padahal  kasus-kasus penipuan seperti ini sudah sangat banyak,dan metode yang mereka jalankan juga hampir mirip satu sama lainnya.

Cara /metode bisnisnya juga  hampir sama, kita sebagai investor,wajib investasikan dulu dana,kemudian kita mendapat janji keuntungan yang wach... (Keuntungan yang luar biasa)..kemudian kita di suruh rekrut orang untuk melakukan hal yang sama,dari investasi orang tersebut kita juga mendapatkan fee.
Nah begitulah terus menerus berputar.Inilah siklus nya.

Produk yang mereka tawarkan juga beragam,mulai dari emas murni,emas batangan,saham private yang belum go publik,obligasi,dan sebagainya.
Dengan janji keuntungan perbulan yang menggiurkan,sampai janji keuntungan yang beribu kali lipat suatu saat nanti.

Bahkan ada juga diantaranya yang berani memberikan jaminan bahwa dana para klien ini dijamin.
Hehehe....saya koq jadi merasa ini terlalu berlebihan ya...,karena yang saya pelajari bahwa segala bentuk investasi itu tidak ada yang dijamin,kalo kata mas Putra ,"setiap investasi yang dijamin"...ini pasti dijamin TUTUP"."Setiap investasi yang dijamin",ini pasti dijamin TUTUP.

Nah...sobat,teman,sahabat,saudara,bapak,ibu,oom,tante, dst,saya dengan bermodalkan sedikit informasi mengenai investasi ,merasa wajib ingin berbagi kepada anda sekalian,semoga kasus-kasus seperti ini,orang-orang yang menjadi korban penipuan serupa tidak terulang kembali.

Ada beberapa hal yang wajib kita pertimbangkan sebelum memutuskan untuk investasi disuatu bisnis atau apapun itu bentuknya.

Yang pertama sebelum menyetorkan dana,tentunya kita harus ketahui dahulu 5 W dan 1 H.
-What :Apa,ini perusahaan apa?poduknya apa?Investasi apa?Yang kita dapatkan apa?

-Who : Siapa,siapa pemiliknya,dibidang apa,sudah expert (ahli) apa masih baru dibidangnya,legalitas perusahaannya bagaimana,sudah ada ijin apa belum dari dinas/lembaga terkait.BI,BAPEPAM,BAPEBTI.
record perusahaannya bagaimana.
Sulit bagi kita untuk percaya kepada sebuah perusahaan atau lembaga,atau apapun itu yang masih seumur jagung,karena ini terkait dengan pengelolaan dana.

Kemudian bagaimana legalitasnya,di negara kita tercinta ini sebenarnya semua regulator terkait dengan perusahaan pengumpulan dana itu sudah diatur sedemikian rupa,sehingga tidak sembarangan untuk menghimpun dana dari masyarakat jika tidak memiliki ijin atau terdaftar secara resmi.

Jika itu terkait dengan perbankan maka harus terdaftar / ijin dari BI (bank Indonesia)
Jika itu terkait dengan Investasi maka ada lembaga BAPEPAM (Badan pengawas Pasar Modal)
Jika itu terkait dengan Bursa perdagangan maka ada lembaga BAPEBTI (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi)

Pastikan bahwa perusahaan atau lembaga,atau komunitas atau apapun itu jika melakukan penghimpunan dana,maka mereka harus sudah terdaftar dan memiliki ijin dari lembaga pemberi ijin diatas.
Hal ini untuk melindungi dana anda tidak menjadi korban Penipuan Investasi,sebuah konsep investasi ilegal,atau bodong.

-Where : Dimana,alamat kantornya dimana,cabang nya dimana,investasinya dimana,Investasinya dibidang apa?dsb.
-When :kapan,kapan perusahaan ini mulai berdiri,kapan terdaftarnya,kapan boleh menarik investasi kita,dsb.
-Why : mengapa,mengapa mereka menghimpun dana,mengapa memberikan keuntungan yang begitu besar,mengapa harus merekrut orang,mengapa sistemnya begini,begitu dsb.
-How : Bagaimana,bagaimana cara kerjanya,bagaimana perolehan keuntungannya,masuk akal atau tidak.

Nah bermodalkan 5 W dan 1 H diatas paling sedikit kita sudah mempunyai gambaran mengenai jenis investasi ini.

Selanjutnya, anda sebagai calon investor,jangan terlalu cepat untuk tergiur dengan keuntungan yang besar yang mereka tawarkan.apalagi jika ada kata-kata dijamin,karena menurut saya tidak ada investasi yang dijamin,semua investasi memiliki resiko sesuai dengan return yang akan kita dapatkan.semakin tinggi (Return) keuntungan yang didapat maka semakin tinggi juga resiko yang mungkin terjadi.(High Risk High Return)
Jadi point nya adalah Jangan terlalu cepat tergiur dengan imbal hasil yang besar,bisa-bisa dana anda yang melayang.
Memang terkadang mereka,pelaku investasi bodong ini memberikan bukti,yaitu dengan memberikan keuntungan seperti yang dijanjikan kepada beberapa orang,dalam waktu tertentu,bisa saja selama satu tahun mereka akan menepati janjinya memberikan keuntungan,sehingga apa yang terjadi...? 
Orang akan berbondong-bodong untuk berinvestasi disini,bahwa ini benar dan sudah terbukti,dan setelah komunitasnya banyak maka mulai terjadi katidak nyamanan,mulai susah tarik dana dengan beribu alasan,mulai tidak memberikan keuntungan lagi,dan alasan-alasan lain hingga pada waktunya tidak dapat di hubungi lagi,raib ditelan bumi,alias Kaburrrrrrrrr.

Ya.. sudah sangat banyak sebenarnya kasus yang begini,sehingga tidak seharusnya kita menjadi korban selanjutnya,yang penting kita mau belajar dari pengalaman teman-teman kita yang sudah terlanjur menjadi korban.

Apalagi sekarang ini dengan dunia internet yang semakin canggih,Terkadang hanya bermodalkan sebuah website aja sudah menjadi senjata yang ampuh untuk menghimpun dana masyarakat ,Online Investasi.Hingga suatu saat nanti situsnya tidak dapat dibuka lagi.dsb.

Kalo menurut saya,bagi anda yang mau berinvestasi atau mendapatkan uang dengan cara berinvestasi,maka investasilah  diperusahaan yang sudah anda ketahui dengan jelas dan pasti mengenai sepak terjang perusahaan itu,Hal ini untuk menghindari dana anda masuk kepada orang-orang yang tidak bertanggung jawab,kalau bisa anda juga harus menguasai bidang investasi itu sendiri.
Investasilah diperusahaan yang sudah jelas-jelas ada di lingkungan sekitar anda sehingga anda dapat mengikuti secara pasti dan detil mengenai perkembangan investasi anda.

Demikian sedikit tips bagi anda yang ingin berinvestasi sehingga terbebas dari penipuan investasi bodong,semoga bermanfaat salam sukses.




1 comment:

  1. Tulisan yang sangat inspiratif. Hati-hati memilih investasi!!! Mau dapat penghasilan minimal 30 juta per bulan dalam 8 bulan yang akan datang? Tak harus jadi agen asuransi. Saya beri tahu rahasianya. Silakan hubungi WA 088226144373

    ReplyDelete