"Selamat Datang" sobat, di blog saya "Marketing lampung",semoga blog ini memberikan manfaat bagi sobat sekalian,saya sangat senang kalau kita bisa saling mengenal,oleh karena itu silakan sobat untuk berkomentar dengan baik,Blog ini dofollow,tinggalkan Jejak anda /alamat blog anda,agar saya bisa segera berkunjung balik.terimaksih sukses selalu.

Sunday, November 25, 2012

Hal-hal yang harus di hindari seorang agen asuransi

Hal-hal yang harus di hindari seorang agen asuransi jiwa:Menjadi seorang agen asuransi jiwa memberikan sangat banyak pelajaran berharga dalam menghadapi banyak orang.Bertemu dengan banyak karakter dan sifat manusia.
Ada orang yang dengan baik dan tulus menerima kedatangan seorang agen asuransi,ada orang yang menerima dengan terpaksa,ada yang menghindar jika mengetahui kedatangan agen asuransi,tetapi ada juga yang dengan terang-terangan menolak dengan keras terhadap agen asuransi.Beragam tipe/karakter manusia tentunya menjadi tangtangan tersendiri bagi anda sebagai agen asuransi yang profesional.Untuk belajar mengenai cara menghadapi berbagai tipe/karakter calon nasabah dapat anda lihat disini.
Untuk menghadapi berbagai tipe/karakter calon nasabah ini tentunya sebagai agen asuransi anda telah dibekali dengan pelatihan-pelatihan yang di adakan oleh masing-masing perusahaan asuransi.Sehingga anda akan mampu berhadapan dengan ribuan jenis karakter manusia.Disini lah seni dan asyik nya menjadi agen asuransi .Berikut adalah beberapa hal penting yang harus anda hindari dalam menjual asuransi.
  • Diawali dari telephon membuat janji ketemu.Hindari bercerita program ketika menelephon membuat janji ketemu dengan calon nasabah,sekalipun calon nasabah anda bertanya tentang program,tetapi anda tidak boleh terpancing untuk menceritakan program,karena tujuan anda menelephon adalah untuk menetapkan jadwal untuk bertemu.Selain itu untuk memberikan sedikit rasa penasaran kepada calon nasabah sehingga calon nasabah  bersedia untuk bertemu jika ingin mengetahui lebih tentang apa yang akan anda jelaskan.
  • Hindari kebiasaan jam karet...misalnya:Jika janji ketemu telah ditetapkan pukul 14.00 wib,usahakan anda tepat waktu,atau lebih awal sekitar 15 menit.Ini memberikan kesan bahwa anda adalah orang yang dapat dipercaya,dan tepat waktu.Sehingga calon nasabah  akan merasa bahwa mereka sedang berhadapan dengan orang yang berkomitmen tinggi,dan dapat dipercaya.Keterlambatan seorang agen terhadap janji yang telah disetujui akan memberikan kesan negatif terhadap calon nasabah,tetapi calon nasabah tidak akan mengungkapkannya kepada anda.
  • Hindari raut wajah yang kurang bersahabat,jika anda sedang mengalami masalah,kalau bisa lupakan sejenak masalah tersebut.Tetapi jika masalah itu menjadi penghalang dan anda tidak dapat melupakannya sejenak,lebih baik anda memilih istirahat untuk kemudian dapat bekerja dengan baik kembali.Berhenti sejenak tetapi kemudian berlari ini lebih baik daripada anda memaksakan tetap berjalan dengan hati yang terpaksa.
  • Hindari penampilan yang tidak profesional,usahakan penampilan anda rapih,karena anda adalah duta dari perusahaan anda sendiri.Anda adalah cermin dari perusahaan.
  • Hindari kebiasaan merokok di hadapan calon nasabah,sekalipun sang calon nasabah anda adalah seorang perokok dan sedang merokok,hal ini lebih kepada sopan-santun anda sebagai tamu di hadapan calon nasabah tersebut.
  • Hindari menunjuk dengan jari tangan ketika proses presentasi terjadi,Usahakan menggunakan alat penunjuk,misalnya bolpoint dan sebagainya,agar terlihat lebih sopan dan profesional.
  • Hindari menggunakan kata-kata yang sifatnya lemah ketika anda sedang presentasi,karena akan membuat calon nasabah anda ragu terhadap anda,dan terhadap produk anda.misalnya:Mungkin,barangkali,bisa jadi dsb.Tetapi berikan keyakinan dan kepastian,ini akan menunjukan bahwa anda memang experts dibidang asuransi.
  • Hindari menjelek-jelekan produk kompetitor dalam proses presentasi anda,sekalipun calon nasabah pernah merasa dirugikan oleh produk lain,tetapi anda sebagai agen yang profesional tidak boleh terpancing untuk turut serta menjelekkan produk pesaing anda.Anda cukup sebagai pendengar setia terhadap apa yang pernah mereka alami,dan berikan rasa empati kepada calon nasabah.Kemudian yakinkan calon nasabah anda bahwa produk yang anda presentasikan ini adalah hal yang berbeda dengan apa yang pernah mereka alami.
  • Hindari membantah secara langsung dengan keberatan-keberatan yang timbul dari calon nasabah,Ingat...bahwa keberatan itu timbul oleh karena mereka ada minat terhadap produk anda,sehingga mereka mengeluarkan keberatan,dan ini adalah sinyal bahwa anda akan menutup penjualan(Closing).Lakukan menangani keberatan dengan cara yang profesional seperti yang telah kita bahas pada tulisan saya sebelumnya,atau anda boleh lihat disini.
  • Hindari menjual terlalu memaksa,biarkan semua berjalan sesuai proses,tugas anda adalah menjelaskan dengan jelas,tuntas dan transparan.Kemudian anda akan memberikan solusi yang terbaik,sesuai kebutuhan calon nasabah.Semakin anda memaksa akan membuat calon nasabah semakin membentengi diri untuk tidak membeli.Posisi anda adalah sebagi Mitra,sebagai Konsultan dan sebagai Problem solver (pemberi solusi terhadap masalah).
  • Hindari menjual dengan menjanjikan diskon...hal ini akan memberikan kesan yang kurang baik terhadap anda sebagai agen yang profesional.
  • Hindari menjual dengan menjanjikan hadiah,tetapi menjuallah dengan meningkatkan kebutuhan calon nasabah terhadap produk asuransi anda.Produk asuransi dibeli bukan karena diskon atau hadiah tetapi karena mereka sadar terhadap resiko dan ketidakpastian yang mungkin terjadi,dan masa depan.
  • Hindari menjual dengan memelas.Masih ada beberapa agen yang menjual dengan cara memelas,kurang target,atau ingin mencapai sesuatu dan sebagainya.Ini akan menjatuhkan kredibilitas anda di hadapan calon nasabah.
  • Hindari menjual yang tidak transparan,tetapi jelaskan semua secara jelas dan benar,sehingga di kemudian hari anda tidak akan menjadi sasaran kekecewaan nasabah,akibat ketidakpahaman secara detil dari calon nasabah anda.
  • Terakhir merawat nasabah adalah kunci sukses seorang agen asuransi...karena anda akan mendapatkan nilai positif dari nasabah anda sendiri dan tanpa anda sadari anda akan dipromosikan kepada teman,kerabat mereka,sehingga pasar anda semakin luas.Untuk itu berikan pelayanan yang terbaik kepada setiap nasabah anda.Sehingga referensi dari nasabah akan mengalir sekalipun anda tidak memintanya.
Demikian sobat,beberapa hal yang umum terjadi dan harus dihindari dalam melakukan penjualan polis asuransi,terutama asuransi jiwa.Semoga bermanfaat dan good luck.





Asuransi,Asuransi jiwa ,Menjual asuransi,Membeli asuransi,Memasarkan asuransi,Premi asuransi,Perusahaan asuransi, Agen asuransi,Macam Polis asuransi,Pertanggungan asuransi,Klaim asuransi,Menawarkan asuransi,Kecewa asuransi,Jenis asuransi,Asuransi penipu,Asuransi Telemarketing,Asuransi haram,Bisnis asuransi,Closing,Target,Bisnis asuransi,Presentasi Keberatan nasabah,Customer,Klien,Nasabah,Fact finding,Tabungan asuransi,,Meminta referensi,Created the need,Komisi asuransi,Asuransi umum, Saham,investasi,Kesehatan,Rumah sakit,Sakit kritis,Meninggal dunia,Cacat total,Ujian AAJI,Resiko hidup,Keuntungan asuransi,Polis lapse,Training asuransi,Lisensi asuransi,AAJI, Telemarketing,Asuransi murah,Asuransi kecelakaan,Manfaat polis asuransi,Worksite,Setoran,Group selling,Penjualan,Asuransi terbaik,Tehnik menjual, Operasi,Prospek,Strategi menjual,Produk asuransi,Ahli waris,strategi marketing,Group asuransi,Karyawan,Keuntungan asuransi,Pendidikan,Pensiun,,Pendekatan kepada calon nasabah,Cara mudah menjual,Sales asuransi.Risk Basic Capital (RBC),Found manager,Equity,Syariah,Rahasia asuransi,Rumah sakit,Medical cek up.Uang pertanggungan,Layanan asuransi,After sales servis.Masyarakat,



No comments:

Post a Comment

Share It