"Selamat Datang" sobat, di blog saya "Marketing lampung",semoga blog ini memberikan manfaat bagi sobat sekalian,saya sangat senang kalau kita bisa saling mengenal,oleh karena itu silakan sobat untuk berkomentar dengan baik,Blog ini dofollow,tinggalkan Jejak anda /alamat blog anda,agar saya bisa segera berkunjung balik.terimaksih sukses selalu.

Tuesday, April 30, 2013

Mendeteksi lawan bicara sedang Berbohong


Memiliki kemampuan dalam mendeteksi,apakah lawan bicara anda sedang berbohong atau tidak kepada anda,ini sangat membantu anda dalam mengenal dan menangani orang yang menjadi lawan bicara anda tersebut.

Menjadi mutlak di miliki oleh seorang penjual,baik penjual jasa maupun penjual produk,terlebih jika anda penjual asuransi jiwa,agar ada tidak terjebak dalam komunikasi yang penuh dengan penolakan/keberatan dan  kebohongan.
Demikian juga sebagai calon pembeli,anda juga perlu mengetahui apakah sang penjual ini sedang melakukan penjualan dengan berbohong atau tidak...

Tetapi bagaimana mendeteksi apakah lawan bicara anda ini sedang berbohong atau sedang jujur,,,mari ikuti penelusuran pencari jejak kejujuran berikut ini..hehehe....

Pertama yang perlu kita ketahui adalah :
Ada 2 cara orang dalam berinteraksi,yang pertama adalah dengan kata-kata,dan yang kedua adalah dengan Gestur tubuh (Bahasa tubuh) 
Biasanya keduanya berinteraksi secara bersamaan,walaupun terkadang salah satu mendominasi yang lain.

Anda dapat menganalisa apakah kedua hal tadi,yaitu kata-kata  dan gestur tubuh ini memperlihatkan singkronisasi atau malah kontradiktif dalam menyampaikan pesannya.
Ketika 2 cara ini, kata-kata dan bahasa tubuh memperlihatkan suatu sinkronisasi, artinya kita dan lawan bicara kita berhasil mendapatkan suatu komunikasi yang efektif dan informasi yang disampaikan adalah sebuah kejujuran.

Tetapi jika ada kontradiksi antara kata-kata yang diucapkan dengan cara mengucapkannya? maka patut diduga bahwa lawan bicara anda sedang melakukan kebohongan.
Ada sekitar 1 juta lebih bahasa atau gestur tubuh.
Ini mencakup tanda-tanda,sinyal,atau gerakan anggota tubuh dalam berkomunikasi.Semakin sering kita menganalisa bahasa tubuh ini,maka semakin ahli dalam mengartikan apakah lawan bicara ini sedang jujur atau sedang berbohong. 
Terkadang kita juga harus mengkombinasikan 2 sampai 3 bahasa tubuh untuk mendapatkan suatu kesimpulan yang akurat.

Tetapi sebelum kita lebih jauh mempelajari Apakah seseorang sedang jujur atau sedang berbohong...perlu kita kenali dulu beberapa tipe orang pembohong dibawah ini:

1.Orang yang berbohong sesekali

Pada umumnya setiap orang tentu pernah berbohong,mulai dari hal yang kecil hingga hal yang besar.
Mungkin ini dilakukan untuk melindungi diri sendiri,atau melindugi teman,atau orang yang dicintai...
Biasanya orang yang berbohong sesekali ini lebih mudah dideteksi,,,mereka lebih memperlihatkan ketakutan,mereka memikirkan betul apa yang sedang mereka katakan,nah biasanya tubuhnya (mata,tangan cara duduk,cara berbicara dll) juga akan memberikan tanda-tanda bahwa orang tersebut sedang berbohong.
dan tidak terlalu sulit untuk mendeteksi tipe pembohong sesekali ini.

2.Tipe pembohong berkali-kali

Tipe pembohong seperti ini,biasanya lebih tertata dengan baik.Cara berbicara,gestur tubuh nya juga sudah mulai memperlihatkan singkronisasi dengan apa yang mereka katakan.Orang tipe seperti ini biasanya suka terjebak dengan apa yang pernah ia katakan,apa yang dikatakan tidak sesuai dengan apa yang dilakukan.

3.Tipe pembohong profesional

Ini adalah tipe orang yang sudah ahli dalam berbohong
Mereka mempelajari segala kemungkinan dan mengetahui persis apa yang ingin mereka ucapkan. Mereka membuat skenario, memperhitungkan resiko,dan biasanya mereka juga telah mempersiapkan rencana cadangan.
Meskipun mereka terlatih untuk menggunakan bahasa tubuhnya, tetapi selalu ada ada hal kecil yang terlewatkan oleh mereka,tentulah tidak ada yang sempurna,Kita dapat mengetahui hal-hal kecil tersebut dengan sering mengamati.
Salah satu contoh tipe pembohong seperti ini adalah salesman,agen asuransi juga tidak tertutup kemungkinan melakukan hal seperti ini. Mohon maaf sebelumnya yang saya maksudkan disini adalah salesman/agen asuransi jiwa yang terlalu berlebihan mempromosikan suatu produk padahal produknya sendiri mempunyai kualitas yang sangat rendah. 
Contoh yang lain adalah para politikus yang korup, mereka sengaja mengelabui publik untuk kepentingan pribadi.

Nah...bagaimana  mendeteksi bahwa seseorang sedang berbohong...?

Cara sederhana yaitu dengan memperhatikan 
-Bola mata
-Pola kebiasaan

Bola mata adalah jendela pikiran,,saat pikiran mengakses maka bola mata juga turut bergerak.
Anda dapat memperhatikan arah gerakan bola mata lawan bicara anda,ketika  lawan bicara anda sedang memberikan keterangan atau penjelasan terhadap pertanyaan yang anda ajukan.

Berikut penjelasan terhadap arah gerakan bola mata :

-Arah gerakan bola mata kekiri atas : artinya otak sedang  mengakses memori visual.
-Arah gerakan bola mata kekiri bawah :artinya otak sedang  mengakses memori audio.
-Bola mata ke kanan atas : Otak sedang mengarang,kreatif visual.
-Bola mata ke kanan bawah : Otak sedang berbicara pada diri sendiri
-Bola mata ke kanan : Otak sedang mengarang,kreatif audio


Jika lawan bicara anda adalah seorang yang kidal...maka keterangan diatas berlaku sebaliknya.

 Dari keterangan diatas dapat di simpulkan :jika bola mata kekiri atas/bawah ,ini berarti jujur,
 dan kekanan adalah sedang mengarang sebuah kejadian atau skenario yang sebenarnya belum   pernah ada.

Selain memperhatikan arah bola mata,anda juga dapat memperhatikan:

Pola,atau kebiasaan.

Di saat orang jujur dia akan berkata sesuai dengan pola kebiasaanya.Apabila ia melakukan diluar polanya "berarti dia bohong".
Anda perlu memperhatikan pola atau kebiasaan orang yang menjadi lawan bicara anda,Jika ketika berbicara mereka memperlihatkan pola yang berbeda dari apa yang biasanya ia perlihatkan  maka patut diduga ia sedang berbohong.
Demikian cara  Mendeteksi lawan bicara sedang Berbohong semoga bermanfaat....



No comments:

Post a Comment