"Selamat Datang" sobat, di blog saya "Marketing lampung",semoga blog ini memberikan manfaat bagi sobat sekalian,saya sangat senang kalau kita bisa saling mengenal,oleh karena itu silakan sobat untuk berkomentar dengan baik,Blog ini dofollow,tinggalkan Jejak anda /alamat blog anda,agar saya bisa segera berkunjung balik.terimaksih sukses selalu.

Friday, February 15, 2013

Jenis Instrumen Investasi


Selamat pagi sobat sekalian,semoga dalam keadaan sehat selalu.Kali ini saya akan berbagi mengenai jenis investasi,Apa sajakah jenis instrumen investasi,bagaimana cara investasi,dan apa saja investasi yang menguntungkan bagi seorang investor.
Beberapa jenis investasi akan kita bahas kali ini mulai dari yang resiko rendah hingga kepada yang resiko tinggi.sesuai dengan keuntungan  atau return yang didapatkan.

Instrumen investasi adalah ragam investasi yang tersedia bagi seorang investor,dan instrumen investasi ini dapat kita bagi menjadi 2 bagian:
  • Instrumen Financial
  • Instrumen Riil
Instrumen Financial antara lain adalah :  Deposito bank,Obligasi,Saham,Reksadana.
Instrumen Riil   yaitu : Aset yang berwujud,seperti Emas,properti  dan sebagainya.

Deposito bank :Instrumen investasi deposito bank,keuntungan yang diterima berupa bunga.
Deposito bank ini dapat berupa Deposito Berjangka dan Sertifikat Deposito.

Pada Deposito berjangka : Pada surat Deposito tertera nama jumlah uang,besar bunga dan tanggal jatuh tempo,dan bunga ini dapat di ambil pada tanggal jatuh tempo.
Sedangkan Sertifikat Deposito : tertera jumlah uang,besar bunga,dan tanggal jatuh tempo saja.Pemegang sertifikat telah menerima bunga di awal.Karena pada Sertifikat Deposito tidak tertera nama,maka pemegang sertifikat dapat memperjualbelikan sertifikat ini.

Obligasi :
Obligasi adalah surat berharga yang diterbitkan oleh perusahaan atau pemerintah yang menjanjikan pembayaran pada suatu jangka waktu tertentu.Cara investasi intrumen ini, Keuntugannya berupa bunga (disebut Kupon). Pengembalian modal dilakukan pada saat jatu tempo berakhir.
Obligasi secara garis besar dapat dibagi menjadi Surat Utang Perusahaan dan Surat Utang Negara.

Surat utang perusahaan :Dikeluarkan oleh perusahaan yang ingin menambahkan modal.Surat utang perusahaan memiiki resiko yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan surat utang negara.

Surat Utang Negara : Ini merupakan pilihan investasi yang lebih aman dibandingkan dengan obligasi perusahaan.Karena sekuritas ini didukung secara penuh oleh pemerintah,tetapi menghasilkan return yang kurang menarik dibandingkan dengan obligasi perusahaan.

Saham
Untuk menigkatkan sumber modalnya maka sebuah perusahaan menerbitkan saham,Jumlah modal yang bertambah dan meningkat ini dibagi menjadi unit-unit, nah inilah yang disebut dengan saham.
Saham adalah : Surat berharga yang merupakan bukti kepemilikan aset riil disuatu perusahaan.
Saham adalah merupakan penyertaan langsung pada investasi,Artinya jika seorang memiliki saham pada suatu perusahaan, maka ia juga memiliki aset fisik pada perusahaan tersebut.Saham memberikan keuntungan
yang besar,dan pemegang saham juga berhak memperolah  deviden.
Dalam prinsip investasi High Risk High Return,keuntunga pada saham disebut Capital Gain.Sementara resiko besar pada saham disebut Capital Loss.Investor yang menginginkan keuntungan  akan menanamkan modalnya untuk jangka panjang guna memperolah keuntungan yang besar.
Ada dua jenis saham yang diterbitkan oleh perusahaan untuk meningkatkan modalnya yaitu :
Saham Biasa (Common Stock)
Saham Unggulan (Preference Stock)

Saham Biasa (Common Stock): Memperolah hak deviden,hak suara,dan hak membeli saham baru sebelum ditawarkan (right warrant)
Saham Unggulan (Preference Stock): Merupakan tambahan dari jenis saham biasa yang mendapatkan kondisi/ hak istimewa dalam hal tertentu yang dijanjikan pada saat penerbitan.Apabila perusahaan bangkrut,maka pemegang saham unggulan berhak mengklaim asetnya terlebih dahulu.

Reksadana
Reksadana adalah :Pada prinsipnya reksadana adalah kumulan orang-orang yang mengumpulkan uangnya secara kolektif pada sebuah lembaga investasi.Dana yang terkumpul ini kemudian akan di investasikan dalam bentuk saham,obligasi,pasar uang dan dan dana campuran (saham,obligasi,deposito)

Instrumen Riil

Instrumen riil:
properti investasi 
Merupakan instrumen investasi pada objek investasi yang riil,nyata terlihat dan berwujud.
Contohnya investasi dengan membeli propeti /Properti Investasi   misalnya membali real estate.
Investasi Real Estate merupakan investasi yang menguntungkan,karena harga sewa dapat meningkat seiring waktu.
Investasi dalam bentuk logam mulia juga tidak kalah menarik,Karena instrumen ini selalu mengalami kenaikan dari waktu ke waktu.
Selain logam mulia juga tanah,serta koleksi benda benda berharga lainnya juga bisa menjadi instrumen investasi yang menguntungkan.
Prinsip berinvestasi adalah menanamkan modal dengan tujuan mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu yang relatif panjang.
Nah demikain sobat beberapa instrumen investasi yang menguntungkan ,semoga menjadi referensi bagi sobat sekalian yang ingin berinvestasi,selamat menjadi Investor.






























No comments:

Post a Comment